Menteri Susi Saksikan Penenggelaman Kapal Thailand Pencuri Ikan

Oleh Liputan6 pada 10 Feb 2015, 08:33 WIB
Diperbarui 10 Feb 2015, 08:33 WIB
(lip6 Pagi) Susi Ledak
Perbesar
(Liputan 6 TV)

Liputan6.com, Tanjungpinang - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti  menyaksikan langsung penenggelaman sebuah kapal Thailand yang mencuri ikan di perairan Indonesia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (10/2/2015), inilah detik-detik menjelang penenggelaman kapal nelayan asing berbendera Thailand di perairan Dempo, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin siang kemarin.

Tak jauh dari kapal asing itu, di sebuah kapal milik TNI Angkatan Laut (AL), Menteri Susi Pudjiastuti, para petinggi TNI AL, dan pejabat kejaksaan menyaksikan eksekusi itu. Ketika tiba saatnya kapal Thailand itu pun diledakkan dengan sebuah bom.

Setelah diledakkan, perlahan kapal berbobot 80 ton itu pun tenggelam. Penenggelaman dilakukan karena kapal Thailand itu terbukti melakukan illegal fishing atau pencurian iklan di perairan Indonesia.

"Tanpa kedaulatan, tanpa kita membuktikan bahwa kita kuat di laut, ya kita akan terus-terus disepelekan oleh orang-orang yang bermaksud jahat dan mengambil keuntungan sebesar-besarnya dari laut kita," kata Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan.

Tindakan tegas terhadap para pencuri ikan di perairan Indonesia memang harus dilakukan, bila tidak orang-orang asing dengan seenaknya menguras ikan dan kekayaan laut sehingga merugikan negara hingga triliunan rupiah per tahun. (Mar/Ans)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya