Sukses

Yogyakarta Umumkan Logo Baru Hari Ini

Logo tersebut hasil dari sumbang ide dari masyarakat Jogja.

Liputan6.com, Yogyakarta - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan segera memiliki logo baru pada Kamis 5 Februari 2015. Yogyakarta sebelumnya memiliki calon logo yang dibuat Pemda DIY melalui pembuatnya Hermawan Kertajaya.

Namun logo itu dinilai masyarakat tak sesuai dengan ciri khas Kota Yogyakarta. Sebab logo itu memuat kata Jogja namun terbaca Togua akibat kesalahan komunikasi visul. Selain itu, warna kata Jogja yang berwarna kemerahan juga bukanlah khas Yogyakarta.

Masyarakat Jogja yang diwakili tim 11 menyumbangkan ide agar logo dan tagline yang baru sesuai ciri khas Yogyakarta. Ketua tim sebelas Herry Zudianto mengatakan, timnya telah menerima ribuan logo dan tagline dari masyarakat. Hasilnya akan segera diumumkan Kamis tanggal 5 Februari 2015.

"Pengumumannya tanggal 5 Februari di Kepatihan. Launching-nya tanggal 1 Maret 2015 di Pagelaran Kraton," ujar Herry kepada Liputan6.com Rabu  3 Februari 2015.

Herry mengatakan, hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui dan memahami arti dari logo dan tagline baru tersebut. Harapannya masyarakat dapat menyerap makna dari simbol baru itu.

"Launching-nya nanti karena ini pesta rakyat jadi yang launching ya rakyat. Sultan nanti yang launching sebagai raja dan gubernur rakyat Jogja. Diharapkan saat launching masyarakat benar-benar menyerap makna dari logo. Tidak hanya relaunching saja, tapi spirit untuk mengisi ke istimewaan Jogja ke depan. Ini citizen branding ya," ujar Herry.

Herry menjelaskan timnya belum bisa memberikan gambaran logo mana yang dipilih menggantikan sebelumnya. Namun khusus tagline kata Istimewa sudah dipilih menggantikan tagline Never Ending Asia sebelumnya. Istimewa dipilih karena mempunyai kekuatan yang menggambarkan kota Yogyakarta.

"Logonya tunggu nanti tanggal 5 ya kalo tagline kemarin Sultan sudah membocorkan yaitu Istimewa. Ngarso Ndalem sangat antusias dengan kalimat Istimewa. Kalimat itu merupakan pusaka yang hanya dimiliki kota Jogja. Jadi besok itu rebranding, dan sabda tama 9 gerakan renaisans di Pagelaran Kraton," ujar Herry. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini