Sukses

Romo Benny: Beri Waktu Jokowi Memutuskan Kasus Budi Gunawan

Tokoh agama sekaligus budayawan Romo Benny Susetyo menilai, kasus Budi Gunawan merupakan ujian berat awal kepemimpinan.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak sedikit kalangan menilai Presiden Joko Widodo atau Jokowi lamban mengambil keputusan terkait kasus calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan.

Tokoh agama sekaligus budayawan, Romo Benny Susetyo, menilai Presiden Jokowi tahu apa yang diperbuat dan tinggal menunggu waktu yang tepat memutuskan kasus Budi Gunawan.

"Saya rasa dia (Jokowi) paham betul apa yang harus dia lakukan. Dia sedang menunggu momentum yang tepat. Biarlah Jokowi diberi waktu untuk merefleksikan hal yang diputuskannya tepat dan benar," ujar Romo Benny di Cikini, Jakarta, Selasa (3/2/2015).

Menurut dia, kasus Budi Gunawan merupakan ujian besar bagi Presiden ke-7 RI itu.

"Di sinilah titik ujian Jokowi sebenarnya. Bagaimana dirinya mampu mengatasi masalah tersebut. Apakah dirinya mengambil langkah seorang negarawan atau tidak. Ujian ini awal yang baik karena jika bisa dilalui, maka 5 tahun ke depan akan mulus," kata dia.

Anggota Tim 9 Komjen Pol (Purn) Oegroseno mengatakan, isyarat sikap Jokowi terhadap Budi Gunawan sudah dapat dilihat belakangan ini. "Pihak Istana tidak memberikan sinyal apa-apa terkait hal tersebut, atau memang saya saja yang nggak bisa lihat?"

"Tapi saya rasa dengan bahasa tubuh Presiden (Jokowi) dan mimik wajah, serta gesture-nya, sebenarnya kita sudah pahamlah apa nanti keputusan Presiden. Mudah-mudahan keputusannya nanti adalah yang terbaik untuk bangsa dan negara ini," kata Wakapolri periode 2013-2014 itu.

Sementara Presiden Jokowi sebelumnya menyatakan akan memutuskan Budi Gunawan sebagai Kapolri atau tidak, setelah proses hukum praperadilan selesai. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.