Sukses

Nilai UN Bisa Jadi Syarat Masuk Universitas di Luar Negeri

Selain Malaysia, nilai UN juga sudah diakui Singapura, Hongkong, dan Australia.

Liputan6.com, Jakarta - Pelajar di Tanah Air kini bisa bernafas lega. Pasalnya, Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan telah menegaskan, Ujian Nasional (UN) tidak lagi menjadi tolak ukur murni penentu kelulusan.

Kendati demikian, pelajar tetap tak bisa mengabaikan pentingnya UN. Sebab, hasil UN kini menjadi salah satu sarat masuk Perguruan Tinggi. Bukan cuma di Tanah Air, nilai UN juga berlaku bagi pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Menteri Anies mengungkapkan, ada beberapa negara yang sudah mengakui nilai UN untuk syarat masuk ke perguran tinggi di negara mereka.

"Negara sahabat sudah mengakui UN sebagai syarat masuk perguruan tinggi," ujar Anies di kantor Kemendikbud, Jumat 23 Januari 2015.

"Di Malaysia mau masuk PTN bisa gunakan nilai UN. Anak Indonesia ingin kuliah di Hong Kong tak perlu tes internasional tapi cukup pakai (nilai) UN. Di Singapura dan Australia juga," tambah Anies.

Anies mengatakan, hal ini patut disyukuri karena UN terbukti sudah mendapat pengakuan dari dunia internasional. "UN bukan hanya diakui di domestik tapi Alhamdulilah hari ini sudah (diakui internasional)," tandas Anies. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini