Sukses

MenPAN-RB: Tahun 2015, PNS Tak Ada Lagi Berperilaku Priayi

Menpan-RB Yuddy Chrisnandi menyatakan birokrat harus memiliki sifat sebagai pelayan.

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menegaskan era birokrasi bergaya priayi atau merasa sebagai masyarakat kelas tertinggi yang selama ini menjadi pola pikir kebanyakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus segera diakhiri.

Dalam era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) saat ini, kata Yuddy, PNS harus mengubah pola pikirnya menjadi birokrasi yang selalu siap melayani masyarakat.

"Tahun 2015 ini KemenPAN-RB memanfaatkan implementasi revolusi mental dan memastikan 4,735 juta lebih seluruh PNS ini memiliki mind set perubahan," ujar Yuddy Chrisnandi di Jalan Denpasar, Jakarta, Sabtu (3/1/2015).

"Tidak boleh ada lagi birokrat dengan perilaku priayi. Jadi birokrat harus memiliki sifat sebagai pelayan," lanjut dia.

Sebagaimana juga diamanatkan oleh Presiden Jokowi, kata Yuddy, seluruh aparat sipil harus menjadi pelayan negara yang baik.

"Jadi Kementerian PAN-RB akan terus melakukan supervisi kepada instansi pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah untuk memastikan mereka ini mind set-nya sudah berubah," imbuhnya.

Bukan hanya mengenai oknum PNS-nya saja, Yuddy juga mengungkapkan pihaknya saat ini sedang mengevaluasi dan akan memutuskan lembaga mana yang tidak dipertahankan atau bakal dibubarkan oleh Presiden Jokowi.

"Struktur organisasi yang lebih ramping di semua kementerian di semua tingkatan termasuk juga mengevaluasi lembaga kementerian non-pemerintah dah lembaga non-struktural yang jumlahnya masih banyak untuk dihapuskan, yang kira-kira tidak ada manfaatnya, yang ada hanya membuang anggaran, kontribusinya kepada pembangunan nasional tidak jelas" pungkas Yuddy Chrisnandi. (Ali/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.