Sukses

Status Gunung Tangkuban Perahu Naik Jadi Waspada

Aktivitas vulkanik gunung di Kabupaten Subang ini mengalami perubahan baik secara kegempaan, deformasi maupun visual.

Liputan6.com, Bandung - Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Perahu, Bandung sebaiknya mulai waspada setelah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status gunung dari normal menjadi waspada.

Dikutip dari situs PVMBG, www.vsi.esdm.go.id disebutkan bahwa aktivitas vulkanik gunung di Kabupaten Subang ini mengalami perubahan baik secara kegempaan, deformasi, maupun visual.

"Berdasarkan hasil pengamatan kegempaan, deformasi dan visual sekitar kawah serta analisis data maka tingkat aktivitas Gunung Tangkubanparahu terhitung tanggal 31 Desember 2014 pukul 15.00 WIB dinaikkan dari Normal (level I) menjadi Waspada (Level II)," berdasarkan keterangan PVMBG melalui situs www.vsi.esdm.go.id, Rabu (31/12/2014).

PVMBG mengimbau kepada masyarakat sekitar Gunung Tangkuban Perahu baik itu wisatawan, warga, pedagang untuk tidak mendekati kawah yang ada dipunvak dalam radius 1,5 Kilometer.

Selain itu, PVMBG pun meminta agar masyarakat tenang terkait peningkatan status ini dan tidak terpancing dengan isu-isu letusan. Karena PVMBG akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Tetap memperhatikan perkembangan kegiatan Gunung Tangkuban Perahu yang dikeluarkan oleh BPBD setempat dan selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat," jelas PVMBG. (Riz/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.