Status Gunung Tangkuban Perahu Naik Jadi Waspada

Oleh Kukuh Saokani pada 31 Des 2014, 19:47 WIB
Diperbarui 31 Des 2014, 19:47 WIB
Melihat Keindahan Tangkuban Perahu
Perbesar
Seorang pengunjung menikmati keindahan suasana Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Bandung - Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Perahu, Bandung sebaiknya mulai waspada setelah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status gunung dari normal menjadi waspada.

Dikutip dari situs PVMBG, www.vsi.esdm.go.id disebutkan bahwa aktivitas vulkanik gunung di Kabupaten Subang ini mengalami perubahan baik secara kegempaan, deformasi, maupun visual.

"Berdasarkan hasil pengamatan kegempaan, deformasi dan visual sekitar kawah serta analisis data maka tingkat aktivitas Gunung Tangkubanparahu terhitung tanggal 31 Desember 2014 pukul 15.00 WIB dinaikkan dari Normal (level I) menjadi Waspada (Level II)," berdasarkan keterangan PVMBG melalui situs www.vsi.esdm.go.id, Rabu (31/12/2014).

PVMBG mengimbau kepada masyarakat sekitar Gunung Tangkuban Perahu baik itu wisatawan, warga, pedagang untuk tidak mendekati kawah yang ada dipunvak dalam radius 1,5 Kilometer.

Selain itu, PVMBG pun meminta agar masyarakat tenang terkait peningkatan status ini dan tidak terpancing dengan isu-isu letusan. Karena PVMBG akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Tetap memperhatikan perkembangan kegiatan GunungĀ Tangkuban Perahu yang dikeluarkan oleh BPBD setempat dan selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat," jelas PVMBG. (Riz/Yus)

Tag Terkait