Sukses

Jelang Peringatan ke-10 Tsunami Aceh, Makam Korban Dibersihkan

Di kuburan massal Ule lhee itu, disemayamkan sekitar 14.264 jasad para syuhada tsunami Aceh.

Liputan6.com, Aceh - Dalam rangka memperingati 10 tahun tragedi bencana tsunami Aceh, berbagai upaya dilakukan pemerintahan kota Banda Aceh. Salah satunya adalah pembersihan lahan kuburan massal korban musibah tersebut yang berada di kawasan Ule lhee.

Di kuburan massal Ule lhee itu, disemayamkan sekitar 14.264 jasad para syuhada tsunami Aceh, yang meluluhlantahkan kawasan pesisir pantai tersebut.

Menurut petugas kebersihan dari dinas kebersihan Kota Banda Aceh, Fendi, pembersihan lahan kuburan massal ini dilakukan dalam rangka memperingati 10 tahun tsunami Aceh.

"Ya ini dibersihkan, karena kan mau peringati tsunami. Biasanya banyak warga yang akan datang untuk berdoa," ujar Fendi, Selasa 23 Desember 2014.

Dinas kebersihan kota Banda Aceh pun mengerahkan lima petugasnya untuk membabat rumput dan membersihkan lokasi ini.

Selain itu, negara donor dan organisasi yang telah ikut andil dalam membangun Negeri Serambi Mekah pasca-tsunami Aceh 2004 silam, juga dilaporkan akan hadir dalam puncak acara peringatan tersebut.

"35 Negara sahabat dan berbagai organisasi yang telah membantu kita akan hadir pada puncak peringatan tsunami," ujar Gubernur Aceh Zaini Abdullah di Banda Aceh sebelumnya.

Selain itu, menurut Zaini, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan menghadiri peringatan bencana dahsyat yang menimpa Aceh 10 tahun silam ini. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini