3.500 Prajurit Jaga Perayaan Natal dan Tahun Baru di Ibukota

Oleh Ahmad Romadoni pada 21 Des 2014, 21:09 WIB
Diperbarui 21 Des 2014, 21:09 WIB
3.500 Prajurit Jaga Perayaan Natal dan Tahun Baru di Ibukota
Perbesar
Ribuan prajurit Kodam Jaya menjaga perayaan Natal dan Tahun Baru agar tetap kondusif.

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama lagi perayaan Natal dan Tahun Baru tiba. Berbagai persiapan juga sudah dilakukan, termasuk kesiapan pihak keamanan menjaga perayaan bagi umat kristiani ini tetap kondusif.

Selain petugas kepolisian, jajaran TNI juga menyiapkan pasukan untuk membantu Polri dalam menjalankan tugas pengamanan Ibukota. Jajaran Kodam Jaya sudah menyiapkan 3.500 prajurit guna mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Kita intinya sudah siap. Kita terjunkan 35 SSK (satuan setingkat kompi) setara dengan 3.500 orang," kata Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo usai menghadiri kejuaraan pacuan kuda Pangdam Jaya Cup di Pulomas, Jakarta Timur, Minggu (21/12/2014).

Agus menjelaskan, pihaknya sudah menggelar rapat dengan muspida lainnya, termasuk jajaran Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait hal ini. Pada prinsipnya, TNI merupakan pasukan cadangan jika sewaktu-waktu hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Intinya Kodam Jaya sebagai pasukan cadangan membantu polda. Kita kerja sama dengan kepolisian, nanti pasukan kita akan kita gelar di tiap kodim nanti dandim berkoordinasi dengan kapolres sesuai dengan kebutuhannya," lanjut dia.

Pasukan yang menjaga perayaan Natal dan Tahun Baru itu akan disebar di beberapa objek vital, terutama gereja-gereja yang ada di Jakarta. "Tempat yang jadi sasaran jaga tentu gereja, sentra ekonomi, objek vital dan di jalan juga," tandas Pangdam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo. (Ans)