Sukses

Video Detik-detik Longsor Banjarnegara

Rekaman tersebut menunjukkan hanya dalam hitungan detik longsor besar menyapu Dusun Jemblung, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Banjarnegara - Detik-detik terjadinya bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah terekam video amatir warga. Dalam video yang direkam menggunakan telepon genggam itu terlihat longsor besar terjadi hanya dalam hitungan detik saja.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (15/12/2014), diduga setelah terdengar suara ledakan, warga sekitar langsung berlarian dan melihat ke sumber suara di bukit Dusun Jemblung.

Beberapa detik kemudian longsor terjadi dan langsung membesar hingga menyapu dan menggulung puluhan rumah, kendaraan, dan seratusan warga yang ada di bawahnya.

Warga sekitar Dusun Jemblung tampak berlarian dan berteriak histeris sambil mengucapkan takbir dan istighfar saat menyaksikan kejadian tersebut. Diduga sekitar 110 warga tertimbun longsor, termasuk penumpang mobil yang tengah melintas.

Hingga tengah malam tadi, korban tewas yang sudah ditemukan akibat bencana longsor di Kabupaten Banjarnegara menjadi 39 orang. 35 Di antaranya berhasil diidentifikasi. Sementara diperkirakan masih ada 69 orang tertimbun longsor. (Nfs/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.