Sukses

Rel dan Jalan Raya Porong Terancam Lumpur Lapindo

Kondisi tanggul lumpur Lapindo di titik 21 yang berdekatan dengan jalur kereta dan Jalan Raya Porong kritis.

Liputan6.com, Sidoarjo - Kondisi tanggul lumpur Lapindo di titik 21 yang berdekatan dengan jalur kereta dan Jalan Raya Porong kritis. Kondisi ini mengancam kedua jalur tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (13/12/2014), elevasi lumpur dan tanggul, ketinggiannya saat ini sudah mencapai batas ketinggian yang diperbolehkan, yaitu sekitar 11 meter dari Jalan Raya Porong.

Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) harus bekerja ekstra untuk mengalirkan endapan lumpur ke Sungai Porong karena bertepatan dengan musim penghujan. Karena dikhawatirkan akan menambah volume lumpur di kolam penampungan.

Sebelumnya tanggul lumpur Lapindo di titik 73, Desa Kedungbendo, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur jebol dan lumpur meluber ke Sungai Ketapang dan beberapa permukiman warga. Akibatnya sebanyak 20 rumah warga RT 10 RW 02 Desa Gempolsari terancam luberan lumpur Lapindo.

Selain di titik 21 dan 73, tanggul lumpur Lapindo yang kondisinya kritis ada di titik 34 yang berada di Desa Pejarakan. Di titik ini kolam lumpur sudah dipenuhi dengan air lumpur. (Mar/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini