Sukses

Ratusan Ribu Kerang Mendadak Muncul di Pantai Wonorejo Jepara

Warga desa yang sudah sejak lahir tinggal di dekat pantai itu mengaku aneh melihat fenomena ini.

Liputan6.com, Jepara - Fenomena alam terjadi di Pantai Wonorejo, Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah. Saat senja, pantai tersebut mendadak gaduh. Warga desa Wonorejo berhamburan menuju pantai, saat mendengar kabar kemunculan ratusan ribu kerang laut terhampar di pantai tersebut, Rabu 10 Desember 2014.

Warga desa yang sudah sejak lahir tinggal di dekat pantai itu mengaku aneh melihat kerang berhamburan seperti disebar dengan sengaja. Seumur hidup, mereka baru pertama kali melihat fenomena alam ini.

Menurut Minarsih, salah satu warga Wonorejo, masyarakat kebanyakan membawa karung maupun kantong plastik ukuran besar. Mereka memungut kerang-kerang itu untuk dikonsumsi sendiri.

"Sejak saya kecil, baru kali ini melihat ribuan kerang terhampar begitu saja. Saya nggak tahu ini tanda-tanda apa. Tapi kalau saya rencananya mau saya masak sendiri," kata Minarsih, Kamis (11/12/2014).

Sepanjang sore, memang bukan hanya orang tua. Anak-anak kecil pun banyak yang ikut turun ke pantai. Mereka memunguti kerang tanpa memperhatikan keselamatan jiwa mereka.

"Seru, Mas. Di pantai sudah banyak yang cari, sambil mainan kita juga mencari," kata Rif'an yang duduk di bangku kelas 2 SD itu.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, warga banyak yang mencari kerang ini secara berkelompok. satu kelompok terdiri dari tiga sampai lima orang. Mereka berhasil mendapatkan minimal tiga karung kerang.

Menurut Choiron, nelayan setempat, peristiwa ini memang langka dan baru pertama terjadi.  Namun ia meyakini bahwa kerang-kerang itu berasal dari dasar lautan yang terangkat hingga ke pantai akibat besarnya gelombang.

"Sebelum kemunculan kerang-kerang ini, ombak memang besar. Laut seperti diaduk sehingga airnya menjadi coklat. Kerang-kerang itu sendiri mulai terlihat sejak tadi pagi," kata Choiron.

Banyaknya warga yang berburu kerang laut di tengah besarnya gelombang, membuat khawatir banyak pihak. Polisi dari Polsek Mlonggo dibantu anggota TNI akhirnya turun tangan dan meminta warga menghentikan aktivitas itu, atau diizinkan memungut kerang, namun hanya di pinggiran pantai. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini