Sukses

JK: Wacana Tatib Doa Menteri Anies Mungkin Salah Pengertian Saja

JK turut mengomentari wacana revisi tatib berdoa pada awal dan akhir aktivitas belajar di sekolah yang telah dibantah Anies Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta - Protes membanjiri wacana revisi tata cara berdoa pada awal dan akhir aktivitas belajar-mengajar di sekolah yang dikabarkan ingin dilakukan Menteri Anies Baswedan. Hal ini pun mendapatkan perhatian dari Wapres Jusuf Kalla atau JK.

Menurut JK, hal itu hanya salah paham belaka. "Ya saya kira mungkin ada terjadi salah pengertian di sini. Maksudnya baik, mungkin salah pengertian saja," kata JK di kantor Wapres, Jakarta, Rabu (10/12/2014).

Dengan tanpa mengurangi rasa hormat, JK mengatakan, sebaiknya berdoa dengan kepercayaan mayoritas.

"Kalau lebih banyak di situ mayoritas Islam, ya doa Islam. Kalau di Manado tentunya mungkin Kristen. Semua doa baik, ya tergantung wilayah," ucap JK.

Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan pun membantah telah membatasi murid di sekolah untuk berdoa. Dia juga meluruskan beberapa argumen mengenai rencana evaluasi tata cara berdoa di sekolah.

Dia mengaku, justru ingin mewacanakan agar anak-anak sekolah di dalam negeri dididik untuk lebih religius. Antara lain dengan membuka dan menutup proses belajar mengajar dalam doa.

"Kita menganjurkan agar sekolah itu dimulai dengan doa diakhiri dengan doa. Ini baru wacana, dan kita ingin ini didorong," tandas Anies‎. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • JK

  • Doa Sekolah