Sukses

Warga di Mandailing Natal Masih Blokade Jalinsum

Hingga Selasa (9/12) malam ribuan warga di Mandailing Natal masih memblokir Jalinsum. Akibatnya lalu lintas di lokasi lumpuh total.

Liputan6.com, Mandailing Natal - Hingga Selasa (9/12) malam, warga 4 kecamatan di Mandailing Natal, Sumatera Utara masih memblokade Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Akibatnya, ratusan kendaraan yang melintasi kawasan tersebut tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (9/12/2014), aksi warga dari Tambangan, Lembah Sorik Marapi, Puncak Sorik Marapi, dan Panyabungan Selatan ini terkait protes terhadap kehadiran perusahaan yang akan mengeksplorasi panas bumi di wilayah tersebut.

Polisi yang turun ke lokasi tak mampu membuka blokade jalan yang sudah berlangsung sejak pagi. Akibatnya lalu lintas Jalinsum di Mandailing Natal lumpuh total.

Sementara negosiasi yang dilakukan pihak kepolisian agar jalur tersebut dibuka tidak berhasil. Warga tetap pada tuntutannya agar Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution mengeluarkan Surat Pemberhentian Izin terhadap perusahaan panas bumi.

Warga khawatir dampak eksplorasi akan sama seperti kasus lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur yang menenggelamkan ribuan rumah warga. Selain itu, mereka mengaku selama ini tidak pernah diberitahu adanya rencana eksplorasi panas bumi. (Nfs/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.