Sukses

Puluhan Tahun BBC Indonesia Jadi Saksi Peristiwa Nasional

BBC memulai siaran berbahasa Indonesia pada 30 Oktober 1949.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka radio terkemuka asal Inggris, BBC berperan menjadi salah satu saksi mata dalam beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi di Tanah Air. Hal ini karena pada 30 Oktober 1949 BBC memulai siaran berbahasa Indonesia.

Dalam kurun waktu tersebut, selama puluhan tahun BBC melaporkan peristiwa dunia dan apa yang terjadi di Tanah Air dengan menggunakan bahasa Indonesia. Mereka mengikuti perjalanan Indonesia dari masa Soeharto hingga era reformasi.

Tidak cuma itu, beberapa peristiwa besar lain seperti serangan teror dan bencana alam juga tak luput dari pemberitaan BBC. Di samping kejadian-kejadian tersebut BBC turut aktif dalam menyebarkan berbagai langkah Indonesia dalam menyebarkan pesan perdamaian.

"BBC Indonesia memiliki sejarah yang panjang dan kaya," sebut editor BBC Indonesia, Karishma Vaswani dalam keterangan persnya kepada Liputan6.com, Jumat (28/11/2014).

Walau terkenal dengan radionya, diakuinya BBC telah berevolusi. Perubahan itu dapat diartikan BBC telah melebarkan sayapnya ke beberapa jenis media termasuk meja online.

Namun, nilai yang dipegang BBC, lanjut Vaswani tidak pernah akan berubah. Nilai itu adalah imparsialitas, akurasi dan adil. "Lanskap media di Indonesia mungkin saja berubah, tapi tidak demikian halnya dengan nilai-nilai yang dipegang BBC," tandas Karishma Vaswani. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini