Sukses

Lomba Orasi Mirip Bung Tomo Siswa SD di Surabaya Undang Tawa

Tingkah polah dan aksi lucu peserta juga kerap mengundang gelak tawa para penonton termasuk teman-teman SD lainnya.

Liputan6.com, Surabaya - Beragam cara dilakukan sejumlah elemen masyarakat untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November. Salah satunya lomba menirukan gaya orasi Bung Tomo saat membakar semangat arek-arek Suroboyo merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (11/11/2014), lomba menirukan gaya orasi Bung Tomo ini diikuti oleh puluhan siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) di Surabaya, Jawa Timur.

Sekitar 20 peserta lomba mempersiapkan kostum mirip Bung Tomo, seperti baju pejuang tempo dulu, peci, hingga ransel. Setelah kostum siap, saatnya sejumlah peserta ini tampil ke atas panggung dan berorasi seperti yang dilakukan Bung Tomo 69 tahun lalu atau pada tanggal 10 November 1945.

Karena terlihat lucu, tingkah polah peserta dari atas panggung ini pun kerap mengundang gelak tawa penonton termasuk teman-teman SD yang lainnya saat melihat aksi orasinya. Sejumlah peserta merasa kesulitan menyamakan gaya orasi dengan suara dari rekaman pidato Bung Tomo.

Lomba menirukan gaya orasi Bung Tomo ini diselenggarakan untuk mendidik anak-anak di usia SD agar bisa menggugah semangat kepahlawanan. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk menanamkan rasa hormat terhadap jasa para pejuang.

Penilaian dalam perlombaan ini dilihat siapa yang paling lugas dan paling mirip dalam menirukan orasi Bung Tomo. Pemenangnya akan mendapatkan bingkisan yang berisi peralatan-peralatan sekolah. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.