Sukses

Kakek Asal Malang Jalan Mundur ke Jakarta Demi Bertemu Jokowi

Setiap pergantian presiden baru, kakek Kusno Hadi berjalan mundur dari Malang ke Jakarta.

Liputan6.com, Salatiga - Kusno Hadi (66), warga Jalan Janti Selatan, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur bersama dengan anaknya Erik Setiana Putra melakukan aksi jalan mundur dari Malang menuju Jakarta untuk bisa bertemu dengan Presiden Jokowi. Perjalanan jauh ini dimulai dari Malang pada 22 Oktober.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (8/11/2014), pada Sabtu pagi tadi Kusno sudah sampai di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Diperkirakan perjalanan Malang - Jakarta akan memakan waktu 40 hari.

Di sepanjang perjalanan, di sekitar Salatiga banyak warga yang ingin berfoto dengan Kusno Hadi. Dengan ramah Kusno Hadi melayani warga yang berebut foto. Aksi jalan mundur Malang - Jakarta ini sudah dilakukan 7 kali.

Aksi jalan mundur Kusno dilakukan setiap ada pergantian presiden sejak zaman Orde Baru pada 1988, dengan tujuan bisa menyampaikan aspirasi rakyat kecil dan bersalaman dengan presiden.

Tak banyak bekal yang dibawa Kusno dalam perjalanannya ini, ia hanya membawa uang sekedarnya dan beberapa pakaian ganti. Kusno bahkan memasang spion di depan dadanya untuk melihat pengguna jalan yang ada di belakang, sebagai antisipasi jika ada mobil atau sepeda motor dari belakang.

Demi sampai ke Jakarta, Kusno sudah melakukan berbagai persiapan sebelumnya. Secara rutin, setiap hari ia latihan berjalan mundur selama 3 bulan.

Kakek Kusno mengawali jalan mundurnya dari depan Balaikota Malang, dengan alasan kesehatan dan mengasah jiwa petualang Kusno berjalan mundur dari Malang ke Jakarta untuk bertemu Presiden Jokowi. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.