Sukses

TNI Bakal Isi Kementerian Kemaritiman?

TNI bakal membantu Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo untuk mewujudkan poros maritim yang dicanangkan Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - TNI bakal membantu Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo untuk mewujudkan poros maritim yang dicanangkan Presiden Jokowi. Kementerian yang baru dibentuk itu akan mendapatkan tambahan personel dari TNI. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Tedjo Edhy Purdijatno

"Kita akan support Kementerian Kemaritiman," kata Tedjo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (8/11/2014). "Kita lengkapi personel kementerian dari TNI," imbuh dia.

Pemerintah, kata Tedjo, juga akan melengkapi sarana dan prasarana penunjang dalam menggenjot sektor maritim. Apalagi, Jokowi juga tertarik untuk melibatkan industri dalam negeri untuk membangun poros maritim.

"Beliau kemarin lihat Indo Defence Expo. Beliau tertarik buat kapal dalam negeri yang cepat. Di laut kan tidak bisa tidak harus aman," tandas Tedjo.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi mengatakan, kebijakan tentang poros maritim telah memancing perhatian para pemimpin negara sahabat. Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) di Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Feeling saya mengatakan, mereka sudah grogi duluan. Karena harus sadar 2/3 wilayah Indonesia wilayah air, karena sudah lama tidak memperhatikan itu," ucap Jokowi pada 6 November 2014 lalu. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini