Mendagri: Pemekaran Wilayah di Papua untuk Kesejahteraan

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 05 Nov 2014, 16:46 WIB
Diperbarui 05 Nov 2014, 16:46 WIB
[FOTO] PDIP Kompak Bantah Isu Keretakan
Perbesar
Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, rencana pemerintah membangun infrastruktur di Papua akan berjalan lancar. Dia juga yakin rencana pemekaran akan berdampak luas bagi perubahan di Papua.

"Tujuan pemekaran kan untuk kesejahteraan, untuk pemerataan. Makanya bapak Presiden (Jokowi) sudah membuat satu sikap," ujar Tjahjo usai rapat kerja dengan DPD di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/11/2014).

"Dana alokasi khusus pusat ke daerah diutamakan untuk infrastruktur, petani, nelayan. Jangan digunakan untuk belanja pegawai, membangun gedung," sambung dia.

Menurut Tjahjo, selama ini pengucuran dana di Papua juga besar, namun karena pembangunan infrastruktur tidak berjalan baik maka dana tersebut sulit dikucurkan.

"Perhatian terhadap pemerintah sebenarnya sudah besar. Namun, seberapa besar sekarang diberikan kepada Papua, tidak bisa menjangkau karena pembangunan infrastruktur tidak merata," jelas dia.

Kemendagri berencana melakukan pemekaran di Papua. Menurut Menagri Tjahjo Kumolo, ada  2 wilayah yang akan dimekarkan dalam waktu dekat ini. (Yus)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya