Sertijab Menkumham, Amir dan Yasonna Saling Balas Pantun

Oleh Moch Harun Syah pada 28 Okt 2014, 00:47 WIB
Diperbarui 28 Okt 2014, 00:47 WIB
Sertijab Menkumham, Amir dan Yasonna Saling Balas Pantun
Perbesar
Menkumham sebelumnya Amir Syamsuddin dan Menkumham baru Yasonna Laoly saling berbalas pantun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Menkumham yang baru yaitu Yasonna Laoly. Dalam acara serah terima jabatan, Menkumham sebelumnya Amir Syamsuddin dan Menkumham baru Yasonna Laoly saling berbalas pantun.

Diawali dari Amir Syamsuddin ketika menyampaikan sambutannya mengenai, kinerja Kemkumham yang dipimpinnya dengan didampingi Wamenkumham Denny Indrayana. Politisi Partai Demokrat itu menutup pidatonya dengan pantun yang diakuinya dikarang oleh salah satu pegawai Kemkumham. Adapun pesan pantun itu tak lain ucapan selamat bekerja bagi Menkumham baru yaitu Yasonna.

"Yang wangi batang si daun pandan, yang rimbun pohon rambutan. Yang telah dicapai mohon ditingkatkan, yang belum mohon dilanjutkan," kata Amir, Jakarta, Senin (27/10/2014).

Kemudian Amir pun juga menyampaikan pantun kedua yang diperuntukan kepada jajaran staf dan pegawai Kemkumham. Pantun yang kedua ditujukan kepada para staf, pegawai yang selama ini telah membantunya di kemenkumham.

"Rambutan 3 dekat kuini, tingkap belah tolong rapatkan, sambutan saya sampai di sini, silaf dan salah mohon maafkan," ucap Amir.

Sementara itu Menkumham Yasona Laoly tak mau kalah. Usai menyampaikan kata sambutan Politisi dari PDI Perjuangan juga mengemas ungkapan selamat jalan kepada Amir dengan berpantun. Yasona juga berharap bisa bertemu dengan Amir untuk silaturahmi di lain waktu.

"Burung irian burung cenderawasih, terbang tinggi jauh sekali, cukup sekian dan terimakasih, mudah-mudahan kita bertemu kembali," tandas Yasonna Laoly.

 

Jejak Yasonna

Sebelum menjadi menteri, Yasonna Hamonangan Laoly menjabat anggota DPR RI pada periode 2009-2014 dari daerah pemilihan Sumatera Utara 2, setelah sebelumnya juga memenangkan kursi DPR RI periode 2004-2009 lewat partai yang sama.

Pada periode keduanya di DPR, pria kelahiran Tapanuli Tengah, 27 Mei 1953 tersebut bertugas di Komisi II yang membidangi Pemerintahan Dalam Negeri, Aparatur Negara, Otonomi Daerah dan Agraria.

Selain itu, Wakil Sekretaris Fraksi PDIP ini juga menjabat anggota Badan Anggaran.

Suami dari Elisye Widya tersebut meraih gelar doktor (PhD) pada North Carolina State University Raleight, Amerika, pada 1994.

Sejumlah penghargaan pernah diraihnya, seperti Outstanding Graduate Student Award Virgina Commw. University pada 1986, Alpha Kappa Delta International Sosiology Honor Society pada 1987 dan Sigma Iota International Honor Society pada 1993.