Sukses

Ada Jakarta Marathon 2014, Sejumlah Ruas Jalan Ibukota Ditutup

Dinas Perhubungan DKI melakukan penutupan jalan Ibukota yang dilintasi pelari sejak pukul 04.00 hingga 12.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta Marathon 2014 segera digelar pada Minggu (26/10/2014) pagi nanti. Dinas Perhubungan DKI  Jakarta melakukan penutupan jalan Ibukota yang dilintasi pelari sejak pukul 04.00 hingga 12.00 WIB, demi kelancaran lomba lari maraton tersebut.

"Beberapa jalan akan ditutup selama Jakarta Marathon," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar, Jakarta, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, ruas jalan yang akan ditutup, yakni Silang Monas Barat Daya - Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit - Jalan Gajah Mada - Jalan Pintu Besar Selatan - Jalan Kunir - Jalan Lada Dalam (Museum Sejarah Jakarta) - Jalan Hayam Wuruk - Jalan Juanda - Jalan Pos (Pasar Baru) - Mesjid Istiqlal - Jalan Veteran - Jalan Medan Merdeka Barat - Jalan MH Thamrin.

Kemudian, Jalan Imam Bonjol - Jalan Rasuna Said - Jalan Gatot Subroto - Jalan Gerbang Pemuda - Jalan Asia Afrika - Plaza Senayan - Jalan Hang Tuah - Jalan Sisingamangaraja - Jalan Sudirman - Jalan MH Thamrin - Silang Barat Daya.

"Ada juga penutupan akses tol dalam kota. Tapi waktunya berbeda, dari pukul 06.00 hingga 12.00 WIB," tutur Akbar.

Adapun akses yang akan ditutup yakni dari arah Cawang, seperti gerbang tol masuk Pancoran, pintu keluar Kuningan/Mampang, gerbang tol masuk kuningan, pintu keluar Semanggi/Polda Metro, dan gerbang tol masuk Senayan.

Sementara itu, kawasan jalan dari arah Grogol yang ditutup, yakni gerbang tol masuk Semanggi dan pintu keluar Pancoran/Pasar Minggu.

 

Transjakarta Disetop Sementara

Selain jalan ditutup, Operasional Transjakarta di koridor 1 (Blok M-Kota) juga akan dihentikan sementara dari pukul 05.00 hingga 11.00 WIB pada Minggu 26 Oktober 2014 nanti. Sebab akan ada kegiatan Jakarta Marathon 2014 pada hari itu yang melalui rute koridor 1. Pelaksanaan Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan pun ditiadakan.

"Tapi nanti jam 11.00 WIB mulai beroperasi lagi. Tapi rute Transjakartanya diperpendek, jadi hanya melayani Harmoni-Kota saja," jelas Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Akbar.

Sementara, untuk Koridor 2 (Harmoni-Pulogadung), juga akan diperpendek rutenya. Sehingga hanya akan melayani perjalanan dari Senen ke Pulogadung dan mulai beroperasi pukul 10.00 WIB.

Akbar menambahkan saat acara Jakarta Marathon digelar, arus lalu lintas pasti tidak terlalu padat karena bertepatan pada hari libur. Meski begitu, kendaraan tetap bisa melalui jalan yang sejajar. "Itu kan hari Minggu, relatif arus lalu lintas tidak terlalu padat. Jalan parelel masih bisa digunakan," ucap Akbar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini