Sukses

Tiba di Yogyakarta, Tank Leopard Langsung Diserbu Warga

Tank-tank terbaru itu akan dipamerkan di kota-kota yang dilalui seperti Solo dan Jogja.

Liputan6.com, Yogyakarta - 11 Armada tank tempur terbaru milik TNI AD sampai di Kota Yogyakarta. Kesebelas tank itu melintasi Malioboro sekitar pukul 15.30 WIB menuju Alun-alun Utara Jogja.

Tank berwarna hijau ini, menurut Kasie Ops Korem 072 Pamungkas, JXB Nunes, akan dipamerkan untuk warga Jogja hingga esok hari. 11 Tank terdiri dari tank Leopard, tank Marder dan Tank M 113. Sebelumnya alat tempur jenis Panser sudah berada di Alun-alun Utara sebelumnya.

"Sementara ini dari hasil display yang ada di Surabaya sampai di sini ada Marder 4 Leopard ada 2 dan M 113 A1 ada 5. Tambah Armed 5 pucuk dan Kikavser satu seksi," ujar Nunes di Alun-alun Utara Jogja, Jumat (10/10/2014).

11 Tank tempur terbaru ini sudah melalui perjalanan darat dari Surabaya dan direncanakan akan kembali ke home base di Bandung. Nunes menjelaskan, sebagai bentuk penghormatan kepada rakyat tank-tank terbaru itu akan dipamerkan di kota-kota yang dilalui seperti Solo dan Jogja.

Ia berharap masyarakat dapat mengambil kesempatan langka ini untuk melihat peralatan tempur baru tersebut. "Didisplay sampai besok jam 10 pagi, soalnya besok dia harus tinggalkan kota Jogja," ujarnya.

Tidak hanya dipamerkan, Tank-tank ini nantinya juga akan dikirab di Jalan Malioboro. Kirab tank akan dimulai pada Sabtu (11/10/2014) pagi. Kirab diawali dari Alun-alun Utara ke Jalan Trikora lalu ke Jaln Senopati.

Usai dari Jalan Senopati, tank akan bergerak ke Jalan Mataram sampai ke simpang Abu Bakar Ali belok ke Jalan Malioboro sampai jalan Ahmad Yani langsung ke Alun-alun Utara. Kirab tank itu rencannya dibuka langsung oleh Sultan.

"Besok akan dilepas pawai oleh Sri Sultan HB X harapannya masyarakat ikut terlibat disini. Mau foto silahkan," ujar Nunes.

Antusias Warga

Ratusan warga Yogyakarta antusias dengan kedatangan 11 tank terbaru milik TNI AD. Warga yang sebelumnya sudah menunggu di Alun-alun Utara Jogja akhirnya puas melihat Tank terbaru Leopars milik TNI AD.

Salah satunya warga Gondomanan Afridona mengaku senang telah melihat tank tempur Indonesia secara dekat. Ia pun langsung mengabadikan moment itu dengan kamera.

"Ini kali pertama kalinya liat tank deket banget bisa pegang-pegang. Saya berharap TNI bisa bersatu dengan rakyat dan membela rakyat," ujar dia di Alun-alun Utara, Jumat (10/10/2014).

Warga Kraton Jogja, Santoso mengaku bangga dengan Tank Leopard yang sangat canggih. Melihat banyaknya alat tempur di Alun-alun dirinya berharap agar Alutsista Indonesia diperbanyak. "Lebih maju aja," imbuh dia.

Kasie Ops Korem 072 Pamungkas, JXB Nunes mempersilakan masyarakat Jogja untuk melihat secara dekat peralatan tempur milik Indonesia ini. Bahkan 11 tank tempur baru dan beberapa tank yang dipajang di Alun-alun Utara adalah tank milik rakyat. I

"Ini punya masyarakat bukan tentara jadi ini milik rakyat Indonesia yang memiliki," ujarnya.

Nunes juga mempersilahkan warga Jogja untuk menaiki tank-tank baru maupun alat tempur lainnya. Namun ia hanya berpesan untuk hati-hati ketika naik tank tersebut.

Pantauan Liputan6.com warga yang mendatangi Alun-alun Utara langsung berfoto-foto baik di samping tank maupun di atas tank.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.