Sukses

Gerhana Bulan Total Terlihat Pula di Sanggau dan Pontianak

Suara takbir pun terdengar menggema saat gerhana bulan total terlihat di Sanggau, Kalimantan Barat.

Liputan6.com, Pontianak - Warga di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, melaksanakan kegiatan salat sunah berjemaah pada saat gerhana bulan total berlangsung, Rabu (8/10/2014) malam. Suara takbir pun terdengar menggema.

Alif, warga setempat mengatakan, sebagian warga di wilayahnya mengikuti salat sunah di masjid. "Di Masjid ramai orang salat gerhana bulan. Ada takbir dan berdoa bergema. Tadi pas magrib terlihat jelas gerhana bulan total di Sanggau," ujar Alif.

Lain halnya di Kabupaten Bengkayang, Kalbar. Di sana gerhana bulan tidak terlihat. Sebab, hujan mengguyur di kabupaten yang dekat perbatasan RI-Malaysia tersebut.  "Nggak ada gerhana bulan di Bengkayang. Hujan, makanya nggak ada lihat gerhana bulan," ucap Krista Yayang, warga Kabupaten Bengkayang.

Sementara di Kota Singkawang, warga tidak bisa melihat gerhana bulan malam ini. "Gerhana bulan di Kota Singkawang, nggak kelihatan. Karena cuaca di Singkawang mendung serta gerimis," beber Priono, warga Kota Singkawang.

Di Kabupaten Sintang, gerhana bulan juga tidak terlihat oleh warga di sana. "Tidak kelihatan dari tempat saya. Biasanya saya lihat dari beranda rumah belakang. Mungkin tertutup kabut asap," jelas warga Kabupaten Sintang, Angela Januarti Kwee.

Adapun di ibukota Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak, gerhana bulan secara total dapat terlihat jelas. Kata B Taher, warga Kota Pontianak menjelaskan, pada pukul 19.00 WIB, gerhana bulan total terlihat.

Menurut dia, di kediamannya di Jalan Kemakmuran terlihat jelas gerhana bulan total. "Gerhana bulan total seluruh Kota Pontianak. Kelihatan jelas. Kira-kira tadi jam 7 malam gitulah," ungkap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini