Sukses

Ribuan Santri di Surakarta Salat Gerhana Bulan

Para santri yang berada di observatorium langsung berbondong-bondong turun untuk melaksanakan salat gerhana.

Liputan6.com, Surakarta - Ribuan santri dan santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Assalam Surakarta menggelar salat gerhana bulan. Ibadah  tersebut dilaksanakan saat gerhana bulan sedang berlangsung, tepatnya usai melaksanakan salat isya.

Pantauan Liputan6.com, ribuan santri putra dan putri Ponpes Modern Assalam terlihat berbondong-bondong ke Masjid Assalam untuk menunaikan salat isya. Selain melaksanakan salat wajib, para santri tersebut juga melakukan salat sunat gerhana bulan.

"Ada sekitar 2.300 santri dan santriwati yang ikut salat khusuf (salat gerhana bulan). Salat sunat tersebut dilakukan setelah menunaikan salat isya," kata pengasuh Club Astronomi Santri Assalam (CASSA), AR Sugeng, Rabu (8/10/2014) malam.

Dia menuturkan, salat gerhana bulan tersebut diimami oleh Ustad Bashir Mujahid. Usai melakukan salat 2 rakaat tersebut, dilanjutkan dengan pembacaan khotbah tentang gerhana bulan. "Khotbah disampaikan oleh imam shalat, Ustadz Bashir Mujahid," jelas dia.

Sebagian santri yang mengikuti salat tersebut sebelumnya terlebih dahulu menyaksikan gerhana bulan total atau blood moon di Observatorium CASSA yang terletak di lantai 6, komplek gedung Ponpes Modern Assalam.

Setelah azan isya berkumandang, para santri yang berada di observatorium langsung berbondong-bondong turun untuk melaksanakan salat isya yang dilanjutkan dengan menunaikan salat gerhana bulan.

"Bila gerhana bulan sedang berlangsung, umat Islam yang melihat atau mengetahui gerhana tersebut disunatkan untuk melakukan salat gerhana, bertakbir dan bersedekah kepada sesama," terang Bashir. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.