Sukses

Salat Idul Adha di Belahan Dunia

Umat muslim di Gaza, Palestina merayakan Idul Adha di tengah reruntuhan puing bangunan yang hancur akibat agresi Israel.

Liputan6.com, Sydney - Umat muslim sedunia merayakan Hari Raya Idul Adha pada Sabtu 4 Oktober 2014, tidak hanya di negara-negara muslim, perayaan Idul Adha juga berlangsung meriah di negara-negara yang mayoritas penduduknya bukan muslim.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (5/10/2014), di Australia, warga muslim Australia menggelar Salat Idul Adha di jalan-jalan di sekitar Masjid Kota Sydney. Menteri utama Sydney Mike Baird menyatakan pentingnya kebersamaan antara umat beragama.

Dari belahan Eropa, ratusan umat muslim Rusia menggelar Salat Idul Adha di Masjid Agung di Kota Moskow, Rusia. Selepas salat, jemaah mendengarkan khutbah yang disampaikan ulama.

Pelaksanaan Salat Idul Adha juga berlangsung khidmat di wilayah Rusia, yang mayoritas penduduknya beragama Islam, seperti di Republik Chechnya dan Republik Tatarstan.

Sementara di Bosnia, umat muslim menggelar salat Idul Adha di Masjid Agung di Kota Sarajevo. Karena masjid itu tak cukup menampung jemaah, Salat Id dilakukan hingga di luar masjid.

Dari belahan Afrika, warga muslim Guinea menggelar Salat Id di sekitar Stadium 28 September di Kota Conakry. Kekhawatiran akan wabah Ebola membuat imam mengingatkan umat untuk memelihara kebersihan diri dan meningkatkan taqwa. Imam juga meminta warga muslim berdoa kepada Allah Subhanahuwata'ala memusnahkan Ebola dari muka bumi.

Dari kabul Afghanistan, umat muslim menggelar Salat Idul Adha di sejumlah tempat. Pelaksaan salat di Masjid Shah E-Dosshamshere, Kabul dihadiri Presiden Afghanistan Ashraf Ghani Ahmadzai. Sementara di pasar kambing dan domba di Kabul terlihat masih ramai. dipenuhi warga yang membeli hewan kurban.

Sementara di Gaza, Palestina umat muslim merayakan Idul Adha di tengah reruntuhan puing bangunan yang hancur akibat agresi Israel. Warga juga berziarah ke makam sanak keluarga yang tewas dalam perang.

Salat di lapangan Gaza City dipimpin langsung pemimpin Hamas, Ismail Haniyah. Sementara di Ramallah, Presiden Pahmud Abbas memanfaatkan momen Idul Adha untuk berziarah ke makam mendiang Yasser Arafat.

Baca juga:

Inilah Museum Assalamualika Ayuha Annabi di Mekkah

Jalankan Wukuf Sebagai Sah dan Lengkapnya Ibadah Haji

Kiswah Kabah Diganti Hari Ini

(Ans)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • salat ied