Sukses

Warga Muhammadiyah di Solo Gelar Takbir Idul Adha Jumat Malam

Muhamadiyah menetapkan Sabtu ini sebagai hari raya Idul Adha.

Liputan6.com, Solo - Berbeda dengan pemerintah yang menetapkan hari raya Idul Adha jatuh pada Minggu, 5 Oktober. Ribuan warga Muhammadiyah yang terdiri dari anak TPA (Taman Pendidikan Alquran) dan remaja masjid di Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah, Jumat 3 Oktober malam menggelar takbir keliling menyemarakkan hari raya Idul Adha, karena Muhamadiyah menetapkan Sabtu 4 Oktober sebagai hari raya Idul Adha.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Sabtu (3/10/2014), takbir keliling yang dilakukan ribuan anak TPA dan remaja masjid dari 14 kelompok TPA di Kecamatan Jebres, Solo ini menempuh jarak sekitar 2 kilometer. Meskipun hari ini mereka salat Ied, namun pelaksanaan penyembelihan dilakukan pada Minggu, 5 Oktober.

Sementara di Klaten, Jawa Tengah seruan takbir juga sudah menggema. Belasan santri taman pendidikan Alquran di Sesa Sribit, Kecamatan Delanggu beradu kreativitas mengumandangkan gema takbir dengan diiringi berbagai jenis alat musik.

Demi memperebutkan piala bergilir dari panitia. Festival gema takbir Idul Adha juga dilakukan untuk mencegah warga melakukan takbir dengan kendaraan bermotor yang dapat mengundang bahaya di jalan.

Baca juga:

Ini Lokasi Salat Idul Adha Muhammadiyah di Jakarta Sabtu

Urban Kurban, Cara Mudah untuk Berkurban

Jokowi Kurban 20 Sapi dan 44 Kambing Saat Idul Adha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.