Sukses

KPK: Ada Dugaan Korupsi di Kemenhan, Laporkan!

KPK akan membuat MoU dengan Kemenhan untuk mencegah penyelewengan uang negara.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)‎ Johan Budi SP mengatakan pihaknya melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertahanan. Hal itu terkait kedatangan Inspektur Jenderal Kemenhan Marsekal Madya Ismono Wijoyanto tadi siang.

"Bagian dari koordinasi, selain soal memperkenalkan sebagai Irjen baru dan LHKPN, juga membangun koordinasi ke depan. Ini baru di awal. Akan ada pertemuan berikutnya," kata Johan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/10/2014).

Johan tak menampik, jika ke depannya akan ada kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antara KPK dan Kemenhan. Terutama menyangkut soal pencegahan penyelewenangan anggaran negara.

"Apa isinya saya tidak tahu. Saya belum tahu, nanti ada pertemuan lanjutan, mungkin lebih fokus bicara lebih detail," kata Johan.

‎"Kalau dari KPK punya fungsi dan kewenangan melakukan pencegahan, sepanjang ada uang negara di sana, KPK bisa ikut membantu. Paling tidak, kajian sistem birokrasi, kebijakan-kebijakan, dan lain-lain," ujarnya.

Karenanya, Johan mengatakan, masyarakat atau siapa pun yang mengetahui ada informasi dugaan korupsi di Kemenhan, tak perlu ragu melaporkan ke KPK. Apalagi, Kemenhan memang merupakan instansi pemerintah yang didanai anggaran negara.

"Di mana ada penggunaan uang negara yang besar, KPK melakukan konstribusi melakukan pencegahan. Tapi kalau ada masyarakat yang mengetahui dugaan korupsi di Kemenhan, ya silakan sampaikan," ucap Johan. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.