Jokowi Harap Perppu SBY Bisa Kembalikan Pilkada Langsung

Oleh Silvanus Alvin pada 03 Okt 2014, 12:49 WIB
Diperbarui 03 Okt 2014, 12:49 WIB
Jokowi
Perbesar
Jokowi (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Jokowi berharap Perppu yang dikeluarkan oleh Presiden SBY merupakan langkah serius, untuk mengembalikan hak politik masyarakat dengan pilkada langsung.

"Kita harapkan dengan Perppu betul-betul sebuah, sebuah apa, sebuah usaha yang ingin mengembalikan lagi pada pilkada langsung," ujar Jokowi di Balaikota, Jakarta, Jumat (3/10/2014).

Pria bernama lengkap Joko Widodo itu menegaskan, begitu Perppu diserahkan ke DPR, anggota dewan perlu mendengar dengan baik permintaan rakyat. Sebab, rakyat kecewa berat akibat kegembiraan berdemokrasinya dicabut.

"Ya kita harus mendengar rakyat, harus dengar rakyat. Permintaan rakyat apa ya ituu yang harus diberikan. Gini jangan sampai rakyat baru seneng demokrasi, baru gembira-gembiranya berdemokrasi, nggak ada angin dan nggak ada hujan, buaahhh... langsung hilang, gimana nggak ngamuk," terang Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu meminta jangan sampai pembahasan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang UU Pilkada dan Perppu Nomor 2 Tahun 2014 terkait Pemda hanya menimbulkan polemik baru.

"Jangan sampai di tandatangani, masuk ke dewan, ada masalah lagi, keluar di MK lagi. Ya itu memang problemnya waktu kemarin itu. Kalau kemarin rampung nggak akan seperti ini," tandas Jokowi. (Sss)