Sukses

Peringati Hari Batik, Pedagang Pasar Gedhe Mendadak Jadi Model

Salah satu cara memperingati Hari Batik dengan memamerkan keindahan kain batik di tengah kesibukan para perajin tenun.

Liputan6.com, Solo - Beragam cara untuk memperingati Hari Batik. Salah satunya dengan memamerkan keindahan kain tenun dan batik sambil beraksi di tengah kesibukan para perajin tenun.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (2/10/2014), cara unik ini dilakukan para siswi SMK di pusat pembuatan tenun, Desa Gringging Gondang, Sragen, Jawa Tengah.

Pagelaran busana ini untuk mengenalkan batik sebagai warisan budaya dunia. Lewat acara ini para siswa yang bergaya ala model berharap bisa sekaligus mempelajari dan menghargai proses pembuatan kain indah yang dikenakan.

Selain para siswi SMK, para pedagang batik juga menggelar pagelaran busana batik di Pasar Gedhe, Solo, Jawa Tengah untuk memeriahkan Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini.

Walau usia tak lagi muda, para pedagang sayur dan buah ini siap berlenggak-lenggok layaknya model. Inilah cara mereka menunjukkan kecintaan akan batik sekaligus untuk meneguhakan Kota Solo sebagai ibukota batik.

Tak lupa para model dadakan ini membawa barang dagangan mereka saat beraksi.

Berbagai motif batik, seperti parang rusak, sido luhur, dan motif-motif lainnya ditampilkan. Bahkan sebagian busana batik ini hasil kreasi mereka sendiri.

2 oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan budaya dunia oleh organisasi budaya dunia UNESCO. (Mut)

Baca juga:

Ramaikan Hari Batik, PNS Solo Serempak Berbatik Indonesia

Meriahnya Karnaval Batik Nasional

Hadiri HUT ke-10 DPD, Jokowi-JK Kompak Kenakan Batik Cokelat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.