Sukses

Itje, Perempuan yang Hobi Melukis di Atas Daun Tanaman Hias

Dari aksi coba-coba, ternyata hasil karya melukis Itje memiliki pasar dan konsumen yang fanatik.

Liputan6.com, Malang - Pada salah satu sudut rumahnya di kawasan Srikaton Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Mariana Carolina larut dalam hobi uniknya melukis di atas daun, tanaman hias hidup.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (25/9/2014), sejak pagi hingga sore hari, wanita yang akrab dipanggil Itje itu mengerjakan hobinya tanpa jeda. Namun saat ide atau hati tidak bersahabat, tak ada 1 karya pun yang dia hasilkan.

Itje mengisahkan, hobi uniknya itu muncul sejak masih tinggal di Jakarta pada 1990-an silam. Saat itu Itje yang memiliki usaha persewaan tanaman hias juga mendalami hobi melukis di atas kanvas.

Dari aksi coba-coba, ternyata hasil karyanya memiliki pasar dan konsumen yang fanatik. Pesanan lukisan daun pun mulai membanjiri galeri miliknya. Kondisi berubah saat Itje harus pindah mengikuti tugas sang suami. Di Kota Malang, Itje pun melebarkan sayapnya dengan membuka usaha lukisan di atas daun tanaman hias.

Di antara ribuan jenis tanaman hias, Itje memilih tanaman jenis sansiviera atau lidah mertua sebagai media melukisnya. Selain memiliki penampang daun yang lebar, tanaman sansiviera memiliki ketebalan daging daun yang ideal. Daun sansiviera yang akan dilukis, dipisahkan dari tanaman induk dan ditanam di pot terpisah. 

Selanjutnya, proses melukis pun berlangsung. Tanpa menggunakan pola atau sketsa, Itje secara bebas melukis beragam motif, mulai dari bunga, kartun, tokoh pewayangan, hingga binatang. Cat lukis yang digunakan adalah cat akrilik berbahan dasar air.

Lamanya melukis bervariasi, bisa 1 jam hingga 3 hari, tergantung dari mood atau kejernihan hati Itje saat melukis. 1 tanaman hias yang sudah dilukis dijual dengan harga rata-rata Rp 50.000. (Mvi)

Baca Juga:

Bercerai, Ilustrator Bikin Gambar Unik dengan Anjingnya

Cantiknya Lukisan di Atas Permukaan Bulu Burung

56 Pelukis Nusantara Melukis di Atas Permukaan Kulit Kayu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.