Sukses

Ahok: DPRD Pasti Kabulkan Anggaran Rp 100 M untuk Bodetabek

Menurut Ahok, bantuan dana tersebut juga membangun infrastruktur untuk kepentingan Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku optimistis rencana pemberian bantuan dana minimal Rp 100 miliar kepada tiap kabupaten dan kota mitra Jakarta, akan dikabulkan DPRD pada tahun anggaran 2015 nanti.

"Optimis DPRD mengabulkan 100 miliar itu, pasti dong," kata Basuki alias Ahok di Balaikota Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Karena menurut Ahok, bantuan dana untuk pembangunan infrastruktur itu dilakukan untuk kepentingan Jakarta juga. Bahkan Ahok mengatakan demi pembenahan infrastruktur penanganan banjir dan macet, satu kota atau kabupaten dapat diberi Rp 200 miliar.

"Lagipula yang jadi kepala daerah itu partai-partai yang di DPRD juga kan. Masa nggak mau kepala daerah mereka maju. Ini kan untuk tolong kita juga. Logika mah harusnya setuju," jelasnya.

Pasalnya, jika ingin memperbaiki Jakarta maka pembenahan harus mulai dilaksanakan di hulu, yakni di Bodetabek. Untuk membangun jalan inspeksi sungai, waduk, jalan dilakukan oleh Pemkab dan Pemkot sekitar Jakarta. Namun, karena anggaran mereka kecil, DKI kemudian memutuskan memberikan bantuan keuangan kepada daerah mitranya.

"Jakarta kalau merasa mau jadi kota hebat, harus hebat bantu orang juga dong. Kalau mau dibilang hebat tapi duitnya nggak mau keluar, gimana mau dibilang hebat," ujar Ahok.

Ahok sebelumnya mengadakan pertemuan dengan seluruh kepala daerah penyangga Ibukota di Wisma Nusantara, Rabu 17 September 2014. Dalam pertemuan itu, DKI berencana memberikan bantuan sebesar Rp 100 miliar kepada daerah mitra Jakarta pada tahun 2015 mendatang.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menjelaskan adanya koordinasi langsung antarkepala daerah dan bantuan keuangan, diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini