Sukses

Politisi PDIP: Kami Terima Ahok Apa Adanya Jika Ingin Pindah Partai

PDIP siap menerima Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok jika memang berniat pindah partai.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPRD DKI sementara dari Fraksi PDIP Jhonny Simanjuntak mengatakan pihaknya siap menerima Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok jika memang berniat pindah partai. Ini menanggapi kabar Ahok mengajukan surat pengunduran diri ke DPP Partai Gerindra.

"Iya, PDIP mau terima terima Ahok apa adanya. Ya walaupun harapan kita mbok ya kalau bisa jangan terlalu...Namanya pemimpin ya dilihat masyarakat," ucap Jhonny di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Karena sebenarnya, imbuh Jhonny, antara Ahok dan PDIP secara historis sejak lama sudah berhubungan baik. Terlebih saat era reformasi, Ahok banyak membantu PDIP.

Hanya tiba-tiba Ahok muncul sebagai kader Partai Indonesia Baru (PIB). Selanjutnya menjadi anggota DPR RI Fraksi Golkar, kemudian di Gerindra.

Namun sebenarnya, lanjut Jhonny, Ahok memang mempunyai pandangan yang sama dengan PDIP terutama soal RUU Pilkada. Hanya pihaknya merasa dari segi etika politik kurang etis langsung menawari Ahok untuk masuk PDIP.

"Terlepas dengan sifat dia (Ahok) yang kurang bikin simpatik. Tapi ada nilai tambah dia. Harusnya dia kita beri apresiasi. Semangat pengabdian dia ke masyarakat. Kalau tahun ketiga mungkin Ahok akan semakin arif. Tidak lagi tanggapi sesuatu secara bombastis. Tapi ya kalau nggak kayak gitu bukan Ahok," ucap Jhonny.

Ahok mengatakan akan mengirim surat pengunduran diri dari Gerindra hari ini. "Hari ini saya akan siapkan suratnya kirim ke DPP, untuk nyatakan keluar dari Partai Gerindra," tegasnya di Balaikota Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Menurut Ahok, Partai Gerindra sudah tidak sejalan lagi dengan dirinya. Sebab, partai berlambang kepala garuda itu mendukung kepala daerah dipilih oleh DPRD. Sementara dirinya secara pribadi menolak perubahan mekanisme itu karena menganggap akan merugikan rakyat. (Yus)

Baca juga:

Ahok: Meski Berhenti dari Gerindra, Saya Tetap Wagub DKI
Respons Jokowi soal Ahok Mundur Dari Gerindra
Ketua DPD Gerindra: Ahok Tak Tahu Berterima Kasih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini