Sukses

Jokowi-Aher Teken Proyek Jatiluhur Demi Air Minum Warga

Kesepakatan ini juga ditandatangani Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi mendapat kunjungan 3 pejabat negara yaitu Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher, serta Deputi Sarana dan Prasana Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dedy S Priatna.‎ Kedatangan 3 pejabat itu untuk penandatanganan kesepakatan bersama pelaksanaan proyek Jatiluhur.

Kesepakatan yang dituangkan dalam Kesepakatan Bersama (KSB) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jatiluhur itu untuk Wilayah Jakarta, Bekasi dan Karawang. Jakarta akan mendapat tambahan air baku 4.000 liter per detik untuk pengolahan air minum dan dari pembangunan SPAM Jatiluhur Tahap I sebesar 5.000 liter per detik.

"Dalam rangka percepatan pemenuhan pelayanan air minum lintas provinsi di Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat, saya telah menugaskan Direktur Perusahaan Umum Jasa Tirta II untuk bertindak sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) SPAM Jatiluhur untuk mencari mitra strategis," ujar Djoko Kirmanto di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (4/9/2014).

Djoko berharap pasca-penandatanganan kesepakatan ini para gubernur, bupati dan walikota saling mengawasi pembangunan ini agar dapat selesai dalam 2 tahun. Sehingga awal 2017 pengembangan SPAM Jatiluhur sudah beroperasi dan melayani air minum masyarakat Jakarta, Bekasi dan Karawang.

Pembangunan SPAM Jatiluhur termasuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Proyek ini melibatkan kerja sama berbagai pihak untuk meningkatkan pelayanan air minum di Jakarta dan Jawa Barat (Bekasi dan Karawang) hingga 5.000 liter per detik. Diharapkan tidak kurang dari 2 juta jiwa masyarakat akan mendapatkan manfaat dari proyek ini.

Dalam SPAM Jatiluhur ini akan dibangun 2 Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) sebesar 4.550 liter per detik dan 550 liter per detik. Dari SPAM ini diharapkan menambah air minum untuk masyarakat dan mengejar target Millenium Development Goals (MDGs) sebesar 68,87% pada 2015 dan target RPJM 2015-2019 sebesar 100%. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.