Sukses

Sajadah Mendong Jadi Bekal Calon Jamaah Haji

Sajadah itu bukanlah sajadah seperti biasa, melainkan sajadah dari mendong yang dibuat oleh para perajin di Minggir, Sleman, Yogyakarta.

Liputan6.com, Sleman - Suasana berbeda terlihat di ruang pembagian koper di Asrama Haji Yogyakarta. Jika biasanya para calon jamaah haji hanya mendapat koper dan tas kecil, kali ini mereka mendapat sebuah tas berisi sajadah secara gratis.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (3/9/2014), sajadah itu bukanlah sajadah seperti biasa, melainkan sajadah dari mendong yang dibuat oleh para perajin di Minggir, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sajadah itu dianggap lebih nyaman digunakan di Tanah Suci karena bisa menyesuaikan dengan cuaca panas di lokasi tersebut. Biasanya sebagai alas salat dan tidur di Tanah Suci para jamaah calon haji Indonesia hanya menggunakan alas berupa tikar plastik. 

Selain meningkatkan kenyamanan calon jamaah haji, penggunaan sajadah mendong sebagai pengganti tikar plastik juga dilakukan untuk menanamkan kecintaan terhadap produk Indonesia dan mengangkat kehidupan perajin mendong yang terus terpinggirkan.

Baca Juga:

Kemenag Luncurkan Aplikasi Khusus Ibadah Haji

Kisah Inspiratif, Kakek Loper Koran di Depok Bisa Berangkat Haji

Tangkal Virus Ebola, Jemaah Haji Diminta Jaga Kesehatan

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini