Jokowi-JK Beri Pembekalan di Muktamar PKB

Oleh Taufiqurrohman pada 31 Agu 2014, 09:17 WIB
Diperbarui 31 Agu 2014, 09:17 WIB
Ilustrasi Jokowi-JK (Liputan6.com/M.Iqbal)
Perbesar
Ilustrasi Jokowi-JK (Liputan6.com/M.Iqbal)

Liputan6.com, Surabaya - Presiden dan Wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) akan turut hadir dalam Forum Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa di Surabaya, Jawa Timur, hari ini. Keduanya akan memberikan pembekalan kepada seluruh peserta Muktamar yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Berdasarkan susunan acara, JK akan tampil terlebih dahulu pada Minggu (31/8/2014), pukul 16.00 WIB. Mantan Wakil Presiden RI periode 2004-2009 itu akan memberikan pembekalan mengenai konsep pembangunan nasional menuju kemandirian bangsa.

Pukul 18.30 WIB, giliran Jokowi yang tampil. Pria yang hingga kini masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta itu akan memberikan pembekalan mengenai rancang bangun Indonesia 2014-2019.

"Jokowi-JK, dua-duanya dipastikan hadir pembukaan Muktamar besok (Minggu)," kata Ketua Panitia Muktamar PKB 2014, Abdul Kadir Karding, di Hotel Empire Palace, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 30 Agustus 2014.

Selain dihadiri oleh presiden dan wakil presiden terpilih, Muktamar PKB juga akan diisi oleh tokoh nasional lain. Mereka adalah Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, dan seluruh Ketua Umum Partai Politik yang lolos ke parlemen.

Tak ketinggalan sejumlah artis ibu kota seperti Rossa dan Ressa Herlambang akan turut meramaikan acara.

Salah satu agenda Muktamar adalah memilih ketua umum periode 2014-2019. Pemilihan ditentukan oleh 33 Dewan Perwakilan Wilayah dari setiap provinsi. Nantinya, akan digelar musyawarah tertutup di mana setiap daerah  memberikan nama-nama yang akan mereka calonkan. Sebaliknya, bisa pula mereka yang akan mencalonkan diri sebagai ketua umum memberikan nama kepada 33 DPW.

Hingga saat ini, hanya satu nama yang mencuat ke permukaan, yakni Muhaimin Iskandar yang juga merupakan Ketua Umum periode 2009-2014. (Yus)