Sukses

Hanoman Kibarkan Merah Putih di Pantai Kuta Bali

Hanoman mengantarkan sang merah putih menuju ujung tiang bendera dan memasangkan tali pengikat bendera. Begitu siap, ia memberi tanda hormat

Liputan6.com, Denpasar - Ada yang unik pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-69 Kemerdekaan RI di Pantai Kuta, Bali. Tokoh pewayangan, Hanoman, bertugas mengibarkan bendera merah putih.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Minggu (17/8/2014), dalam upacara yang dihadiri para pedagang, penjaga pantai dan petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Badung itu, seorang pria yang mengenakan pakaian Hanoman mengibarkan sang saka merah putih menggunakan mobil eskavator.

Si Hanoman awalnya naik ke dalam mobil eskavator. Ia kemudian mengantarkan sang merah putih menuju ujung tiang bendera dan memasangkan tali pengikat bendera.

Begitu siap, ia langsung mengangkat tangannya ke kening sebagai tanda hormat. Lagu Indonesia Raya pun berkumandang. Sementara, grup dirigen menyanyikan lagu nasional di mobil buldozer.

Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Badung, Anak Agung Gede Taman mengatakan, pelibatan tokoh Hanoman diharapkan agar petugas DKP menginspirasi sifat-sifat Hanoman.

"Hanoman itu tokoh yang gagah dan punya loyalitas tinggi. Kita ingin petugas DKP juga meniru sifat Hanoman dalam mengayomi masyarakat," katanya di Pantai Kuta, Minggu (17/8/2014).

Dia menambahkan, Pantai Kuta dipilih sebagai lokasi upacara demi menggalakkan dan mengajak warga menjaga kebersihan di tempat tersebut. "Pantai Kuta adalah salah satu tanggung jawab DKP," tandas Gede. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.