Cek Pengalihan Arus Lalu Lintas Saat Hari Kemerdekaan

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 16 Agu 2014, 13:05 WIB
Diperbarui 16 Agu 2014, 13:05 WIB
Lalu Lintas
Perbesar

Liputan6.com, Jakarta - Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-69 akan digelar di Istana Merdeka pada 17 Agustus besok.  Untuk itu, beberapa ruas jalan akan ditutup bagi semua kendaraan.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama dengan Polda Metro Jaya pun menyiapkan pengalihan arus lalu lintas, khususnya di sekitar Istana Negara.

"Kita telah koordinasikan juga dengan Polda Metro Jaya terkait pengalihan dan penutupan atur lalu lintas ini," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar, dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (16/8/2014).

Penutupan jalan pada Minggu besok akan mulai dilakukan pada pukul 05.00–12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan kembali saat penurunan bendera pada pukul 14.00–19.00 WIB.

Penutupan jalan akan diterapkan di Jalan Medan Merdeka Barat–Jalan Medan Merdeka Utara–Jalan Majapahit (sisi timur)–Jalan Veteran Raya- Jalan Veteran I- Jalan Veteran II- Jalan Veteran III–Jalan Museum.

Sementara, pengalihan arus lalu lintas yang akan diberlakukan selama penutupan jalan, yakni arus lalu lintas dari arah Jalan MH Thamrin (selatan) yang akan menuju Harmoni, Tomang dan Kota diarahkan melalui Jalan MH Thamrin–Jalan Budi Kemuliaan–Jalan Abdul Muis – Jalan Majapahit sisi barat–Harmoni dan seterusnya.

Kemudian, arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk (utara) atau dari Jalan Suryopranoto (barat) yang akan menuju arah Jalan MH Thamrin (Selatan) diarahkan melalui Jalan H. Juanda- Jalan Pos – Jalan Lapangan Banteng Utara – Jalan Pejambon – Jalan Medan Merdeka Timur – Jalan MI Ridwan Rais – berputar di Tugu Tani – Jalan Medan Merdeka Selatan – Jalan MH Thamrin dan seterusnya.

Selain itu, arus lalu lintas dari arah Pasar Baru (Barat) yang akan menuju Harmoni, Tomang, dan Kota diarahkan melalui Jalan Pos – Jalan Lapangan Banteng Utara – Jalan Pejambon – Jalan Medan Merdeka Timur – Jalan MI Ridwan Rais – berputar di Tugu Tani – Jalan Medan Merdeka Selatan – Jalan Budi Kemuliaan – Jalan Abdul Muis – Jalan Majapahit Sisi Barat – Harmoni dan seterusnya.

"Bagi para pengguna jalan dan angkutan umum diimbau agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan. Serta mematuhi rambu–rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan dan mengutamakan keselamatan di jalan," jelas Akbar. (Ans)