Produk Lulusan SMK Bersaing di Tingkat Dunia

Oleh Liputan6 pada 10 Agu 2014, 07:03 WIB
Diperbarui 10 Agu 2014, 07:03 WIB
Desainer Mendunia
Perbesar
Berawal dari kebutuhan Ekonomi dua kakak beradik asal Salatiga, Jawa Tengah berhasil menjadi salah satu pembuat Desain Mesin yang diakui kehebatanya oleh dunia Engineering.

Liputan6.com, Salatiga - Berawal dari kebutuhan ekonomi, 2 orang kakak beradik asal Salatiga, Jawa Tengah, berhasil menjadi salah satu pembuat desain mesin yang diakui kehebatannya oleh dunia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (10/8/2014), berbagai hasil karya mereka saat ini telah digunakan oleh berbagai perusahaan terkemuka diseluruh dunia, mulai dari peralatan rumah tangga hingga pesawat jet.

Di rumah sederhana di Jalan Canden, Kota Salatiga, Jawa Tengah, 2 orang kakak beradik Arfi'an Fuadi dan Ari Kurniawan mewujudkan mimpi mereka untuk memperbaiki ekonomi keluarga. Melalui hal yang sebelumnya tak pernah mereka bayangkan.

Melalui design enginering, kedua kakak beradik ini mampu meraup dolar yang kemudian membawa ekonomi keluarga mereka menjadi lebih baik.

Lulusan SMK ini mengerjakan semua proyek pesanan dari berbagai perusahaan besar di dunia. Mulai dari Amerika, Inggris, hingga sejumlah negara Eropa lainnya dikerjakan oleh Afi'an dan Kurniawan, dengan menggunakan program 3 dimensi.

Hasil karya mereka mencapai puncaknya saat memenangi perlombaan internasional, untuk membuat engine bracket atau mesin pesawat jet. Mereka bahkan mengalahkan 3 insinyur berpengalaman dari berbagai negara yang selama ini dikenal sebagai produsen pesawat terbang.

Selain membuat desain mesin, saat ini mereka juga tengah membuat proyek sebuah pulpen tanpa tutup. Keistimewaan dari pulpen esklusif ini adalah dari bahan pembuatannya yang dibuat dari bahan titanium.

Meski dengan berbagai keterbatasan dana dan peralatan, saat ini 2 kakak beradik yang dibantu oleh 6 orang karyawan ini telah menunjukkan bahwa lulusan SMK Indonesia mampu bersaing di level dunia. (Ado)