Sukses

Tutup Posko Mudik Lebaran, Menhub: Jumlah Kecelakaan Menurun

Sesuai data Kepolisian RI, terdapat penurunan jumlah kecelakaan di semua moda transportasi yakni turun 13%.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan EE Mangindaan secara resmi menutup posko nasional mudik Lebaran hari ini. Penutupan dilakukan di kantor pusat Kementerian Perhubungan Jakarta.

Posko nasional mudik Lebaran ini dibuka pada H-7 Lebaran, dengan maksud memantau arus mudik hingga arus balik tahun 2014.

Dalam sambutannya, Mangindaan mengungkapkan penyelenggaraan pelayanan mudik tahun ini berjalan baik. Hal itu terlihat dari tingkat kecelakaan lalu lintas yang menurun.

"Sesuai data Kepolisian RI, terdapat penurunan jumlah kecelakaan baik angkutan laut, udara, perkeretaapian dan darat dibanding tahun sebelumnya, turun 13%," kata Menhub di Kantornya, Rabu (6/8/2014).

Mangindaan menambahkan, dari data pantauan posko mudik dari H-7 hingga H+7 Lebaran, jumlah pemudik di beberapa moda angkutan mengalami peningkatan.

Peningkatan itu sebesar 3,73 persen dibandingkan tahun 2013, yaitu dari 16.810.387 penumpang menjadi 17.437.063 penumpang.

"Kenaikan jumlah penumpang sudah diimbangi dengan peningkatan penyediaan sarana angkutan baik melalui angkutan udara, darat, kereta api dan laut," tegasnya.

Meski posko mudik Lebaran nasional ditutup, namun Mangindaan tetap menghimbau kepada para direktorat angkutan untuk tetap membuka posko sesuai kebijakan tingkat nasional.

"Sektor perkeretaapian harus tetap melaksanakan poskonya hingga H+10, sektor transportasi laut hingga H+15," jelas Mangindaan. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini