Cegah Konvoi Takbiran, Polres Bogor Lakukan Pengaturan Arus Lalin

Oleh Bima Firmansyah pada 27 Jul 2014, 17:02 WIB
Diperbarui 27 Jul 2014, 17:02 WIB
Jelang Malam Takbiran, Pemudik  Menyemut di Karawang
Perbesar
Pemudik motor memadati jalur Karawang - Cikampek di Desa Lamaran, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (26/7/2014) (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Liputan6.com, Bogor - Pusat Ibukota Kabupaten Bogor yang berada di Kecamatan Cibinong, diprediksi dalam malam takbiran ini akan menjadi lautan manusia dan kendaraan terutama sepeda motor dan mobil bak terbuka.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP M Chaniago menuturkan, berdasarkan catatan pada tahun sebelumnya, arus kendaraan itu berdatangan dari beberapa daerah di sekitarnya seperti Citeureup, Gunung Putri dan Bojong Gede. Bahkan dari Depok untuk merayakan Takbiran di sekitar Jalan Pemda di Cibinong.

Dirinya menjelaskan, sejak pukul 16.00 WIB sudah dilakukan pengaturan arus lalu lintas yang akan mengarah ke Cibinong, untuk mengantisipasi adanya peningkatan Volume.

Pihaknya juga akan melarang kendaraan untuk berhenti atau parkir di sekitar Jalan Pemda di Cibinong, karena biasanya kepadatan itu terjadi karena adanya parkir liar.

"Kita akan melarang, kendaraan untuk parkir di sepanjang jalan Pemda, jadi mereka harus meneruskan perjalanan, karena bisa menimbulkan kemacetan," paparnya.

Selanjutnya, Satlantas Polres Bogor mengimbau masyarakat agar tidak takbiran keliling menggunakan kendaraan bak terbuka. Hal tersebut bisa menyebabkan kecelakaan, karena banyaknya penumpang yang berada duduk diatas bak truk tersebut membahayakan.

"Kami mengimbau juga masyarakat untuk tidak membunyikan petasan karena bisa menyulut keributan saat berlangsungnya malam takbiran," imbaunya.

AKP Chaniago pun meminta masyarakat tetap berada di rumah untuk merayakan takbiran di masjid atau musala saja. Sehingga tidak akan mengganggu ketertiban umum.

Tag Terkait