Sukses

Balai Agung Kemalingan, Ahok Marahi Pamdal Balaikota

Saat itu, seorang peserta kehilangan tas berisi laptop, telepon selular, dan dompet beserta isinya.

Liputan6.com, Jakarta - Balai Agung, Balaikota, Jakarta menjadi heboh saat acara buka puasa bersama Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan alumni salah satu universitas swasta digelar Kamis 17 Juli 2014 lalu. Saat itu, seorang peserta kehilangan tas berisi laptop, telepon selular, dan dompet beserta isinya.

Namun saat kejadian ini dilaporkan kepada petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) Balaikota DKI Jakarta, tak ada respons memuaskan yang didapat. Para petugas berdalih, pengamanan di Balai Agung bukan tugas mereka.

Mendengar hal itu, Ahok pun geram dan marah. Ketika memimpin Apel Siaga Pengendalian Arus Mudik dan Arus Balik Idul Fitri Tahun 1435 Hijriah pagi ini, dia menegur keras para Pamdal yang berada di bawah pengelolaan Biro Umum DKI.

"Di lapangan ngapain? Ngerokok nggak jelas. Di dalam gedung nggak diawasi. Dipasang bom pun mudah di DKI. Karena tidak ada yang peduli, tidak ada pelototin CCTV," ujar Ahok di Lapangan Silang Selatan Monas, Jakarta, Senin (21/7/2014).

"Itu fakta, jangankan ngawasin arus mudik dan balik di DKI, ngawasin Balaikota aja tidak becus," ketus Ahok.

Padahal, menurut Ahok, seharusnya Pamdal sebagai petugas pengamanan dalam, bertanggung jawab mengawasi situasi di kawasan Balaikota Jakarta melalui CCTV yang tersedia. Jika ada seseorang yang terlihat mencurigakan, mereka harus segera menginformasikan kepada petugas yang berjaga di pintu dan gerbang Balaikota untuk melakukan langkah antisipasi.

"Bagaimana ceritanya ada Pamdal yang bilang ke saya kalau (keamanan) Balai Agung bukan tanggung jawab mereka? Nggak ngerti kerjanya apa. Pamdal sombong, mungkin karena PNS, nggak bisa dipecat. Tahun depan ada UU ASN (Aparatur Sipil Negara), Anda bisa dipecat!" tegas Ahok.

Peserta Apel Siaga hari ini berjumlah 1.800 personel dari berbagai instansi, yakni Dinas Perhubungan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana.

Selain itu ada pula Satpol PP, Dinas Sosial, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kominfo, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Kebersihan, Dinas Pertamanan dan Pemakamana, serta unsur wilayah kota/kabupaten, TNI AD, AU, AL, dan Polri. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini