Sukses

Didukung Berbagai Kelompok Masyarakat, Elektabilitas Erick Thohir Terus Meningkat

Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, Erick Thohir memiliki basis massa dari berbagai kelompok masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Elektabilitas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus meningkat, berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia.

Orang nomor satu di Kementerian BUMN ini mengalami tren kenaikan elektabilitas dari Juni hingga November 2022 sebagai calon wakil presiden (Cawapres).

Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia dalam simulasi 18 nama, sebanyak 9,6 persen responden menginginkan Erick Thohir sebagai Cawapres. Angka ini meningkat dari bulan Juni yang berada di 8,5 persen.

Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi mengatakan Erick Thohir memiliki basis massa dari berbagai kelompok masyarakat Indonesia.

"Kalau kita lihat, basis Erick Thohir itu kebanyakan adalah pemilih kota, anak muda, NU (Nahdlatul Ulama), nonmuslim," ungkap Burhanuddin dalam paparan Rilis Survei Nasional dengan tema Pacuan Kuda Elektabilitas Bakal Capres dan Peta Kekuatan Elektoral Partai Pasca-Deklarasi periode 30 Oktober-05 November 2022, seperti dikutip dari siaran pers.

Ia juga mengatakan bahwa Erick Thohir menjadi salah satu tokoh yang diinginkan masyarakat untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya. Apalagi melalui elektabilitas yang terus meningkat, dia menjadi satu-satunya pemimpin yang bukan berasal dari kalangan kepala daerah ataupun elite partai politik.

Seperti diketahui, Erick Thohir adalah seorang profesional di pemerintahan yang memiliki berbagai pengalaman dan keberhasilan. Pengalaman yang dimiliki oleh orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut tidak hanya diperoleh di dalam negeri, namun juga di kancah internasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi Erick di Dalam dan Luar Negeri

Erick Thohir terbukti berhasil sebagai pengusaha di luar negeri. Ia bahkan memiliki pengalaman memimpin sebagai Presiden Inter Milan FC dan CEO Philadelphia 76ers.

Di pemerintahan, mantan Presiden Inter Milan ini berhasil menyelesaikan berbagai penugasan dari Presiden Jokowi. Di antaranya adalah penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, menyukseskan transformasi dan pembersihan BUMN serta penyelamatan dunia sepak bola Indonesia.

“Erick Thohir menjadi salah satu figur cawapres yang diinginkan oleh public. Di antara nama-nama lima nama teratas Erick Thohir bukan orang partai bukan juga kepala daerah dia menteri,” pungkas Burhanudin.

Berdasarkan hasil survei dari Indikator Politik Indonesia, Erick Thohir bersaing dengan nama-nama cawapres lainnya seperti Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Kader Gerindra Sandiaga Uno.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.