Tabungan Pendidikan Kemendikbud Rp 24 Triliun

Oleh Gilar Ramdhani pada 04 Jul 2014, 16:41 WIB
Diperbarui 04 Jul 2014, 16:41 WIB
Tabungan Pendidikan Kemendikbud Triliunan Rupiah
Perbesar
Negara menyediakan biaya pendidikan, generasi masa depan tak perlu mengemis biaya untuk kuliah.

Liputan6.com, Jakarta Sejak 2010, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selalu menyisihkan anggarannya untuk tabungan pendidikan. Selama 5 tahun ini terkumpul tabungan Rp 24 triliun lebih dan dikelola melalui Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).

Dikutip melalui website Kemendikbud, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, tabungan pendidikan atau yang dikenal dana abadi pendidikan disiapkan pemerintah sebagai bentuk pertanggungjawaban antar generasi.

Tujuannya, lanjut Nuh, untuk memastikan keberlanjutan pendidikan bagi anak bangsa hingga jenjang tertinggi.

"Cita-citanya agar adik-adik bisa kuliah di mana saja tanpa harus mengemis biaya kuliah, karena sudah disediakan negara," kata  Nuh saat acara pelepasan Tim Olimpiade Indonesia, Rabu 2 Juli 2014 lalu di Jakarta.

Nuh juga mengatakan, tabungan pendidikan ini merupakan bentuk pertanggungjawaban pemerintahan 2009-2014 ke pemerintahan berikutnya. Ia berharap, hingga 2045 saat generasi emas memegang tampuk kepemimpinan, tabungan tersebut terus bertambah.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya