Sukses

HUT Polri, Kapolri Utamakan Amankan Pilpres, Ramadan, dan Lebaran

Untuk pengamanan pilpres, polisi sudah menerapkan sistem keamanan yang hampir sama seperti pada saat Pileg 9 April lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 yang jatuh pada 1 Juli 2014. Bertepatan dengan bulan itu, tugas berat akan dihadapi lembaga yang kini dipimpin Jenderal Polisi Sutarman.

Setidaknya terdapat 3 agenda pengamanan yang akan dilakukan polisi di bulan ini. Seperti Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) yang akan berlangsung 9 Juli mendatang, Bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Menurut Kapolri Sutarman, pihaknya pun sudah siap mengamankan ketiga agenda tersebut. Seluruh jajarannya sudah disiapkan pada pos-pos yang sudah ditentukan.

"Anggota kita sudah inside. Makanya peringatan Hari Bhayangkara ini sangat sederhana, karena anggota kita mengutamakan pengamanan pilpres, bulan suci Ramadan, dan sebentar lagi mudik Lebaran. Pelayanan masyarakat kita utamakan, daripada ulang tahun," ujar Sutarman usai mengikuti perayaan HUT Polri di Gedung PTIK, Jakarta, Selasa (1/7/2014).

Untuk pengamanan pilpres, polisi sudah menerapkan sistem keamanan yang hampir sama seperti pada saat Pemilihan Legislatif 9 April lalu. Sementara untuk pengamanan Ramadan dan Lebaran, Kapolri telah menempatkan sejumlah personelnya di sejumlah titik yang dianggap rawan gangguan.

"Kita akan gelar mulai dari titik-titik kriminal seperti pelabuhan maupun di tempat-tempat berkumpulnya masyarakat, termasuk tempat hiburan di jalur pantura mulai dari Cikampek, Jomin, Pemanukan sampai ke Jawa Tengah. Baik Jalur utara, tengah, maupun selatan, kita akan pagar betis dari Cikampek sampai ke Jawa Tengah," terang Sutarman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini