Sukses

Normalisasi Kali Pesanggrahan, DKI Bebaskan Lahan Sekolah Polwan

Pemprov DKI Jakarta dan Kemen PU bekerja sama mempercepat pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Pesanggrahan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Pekerjaan Umum bekerja sama mempercepat pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Pesanggrahan. Salah satu lahan yang akan dibebaskan adalah Sekolah Polisi Wanita milik Polri. Sekolah seluas 2,1 hektare itu terletak di Pasar Jumat, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Kita dalam rangka mengatasi banjir Jakarta, kan ada proses pembebasan tanah untuk normalisasi Kali Pesanggrahan. Kita sudah mulai dengan Pak Dirjen Sumber Daya Air di Kemen PU. Tahun ini, nanti pembebasan tanah itu mengenai sekolah polwan," ujar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo usai menandatangani MoU dengan Kemen PU di Balaikota Jakarta, Jumat (30/5/2014).

Saat ini proses pembebasan lahan masih dalam tahap penyelesaian administrasi. Pria yang karib disapa Jokowi itu mengatakan, pihaknya berupaya bekerja cepat menyelesaikannya. Sebab, panjang Kali Pesanggarahan 22 kilometer yang harus dinormalisasi dan memerlukan pembebasan lahan terlebih dahulu.

"Bagian kita bagian pembebasan lahan, pembahasan tanah, bagian Pak Dirjen, bagian Kemen PU yang berkaitan dengan fisiknya, kontraktornya, pelebaranannya, pendalamannya," jelas Jokowi.

Sementara, Dirjen Sumber Daya Air Kemen PU Mohammad Hasan mengatakan, luas lahan yang dibutuhkan untuk normalisasi khusus di Kali Pesanggrahan sekitar 50 hektare. Sebagian lahan sudah dibebaskan tahun lalu. Sisanya akan berusaha dibebaskan tahun ini.

"Dari Pak Gubernur alokasi untuk pembebasan lahan Rp 250 miliar tahun ini. Tidak bisa sekaligus karena berkaitan dengan negosiasi atau appraisal (penaksiran), tahapan pembebasan lahan sesuai UU, dan itu saya kira belum bisa dalam tempo yang terburu," tandas Hasan. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini