Sukses

15 Penghuni LP Anak Tangerang Ikuti Ujian Nasional

Dia menuturkan, peserta ujian yang mendekam di lapas tersebut mayoritas terjerat kasus narkoba.

Liputan6.com, Tangerang - Sekitar 15 anak penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) Kelas II A Anak Pria Tangerang, Banten mengikuti Ujian Nasional (UN) tingkat SMP. Di dalam 1 ruang yang disiapkan khusus oleh Lapas, mereka mengerjakan soal Bahasa Indonesia tersebut sejak pukul 08.00 WIB.

Kepala Lapas Kelas II A Anak Pria Tangerang Heny Yuwono mengatakan, dari 19 anak didik lapas yang terdaftar sebagai peserta ujian, hanya 15 anak yang hadir. Sebab, 4 anak lain telah bebas bersyarat.

“Masa hukuman mereka sudah habis, sebenarnya mereka tetap bisa ikut ujian, tapi ternyata tidak kembali,” ungkap Heny, Senin (5/5/2014).
 
Heny menyatakan, pihak lapas sebelumnya memberikan pelajaran dan tes uji coba soal ujian. Sehingga dipastikan, mereka siap ketika menghadapi UN. “Mereka tetap mendapatkan pendidikan yang cukup layak, agar Ujian Nasional tersebut dapat mereka kerjakan dengan baik,” ujar dia.

Dia menuturkan, peserta ujian yang mendekam di lapas tersebut mayoritas terjerat kasus narkoba. Diharapkan, setelah ikut ujian, mereka bisa melanjutkan pendidikan setelah bebas dari hukuman.

Sementara itu, salah satu anak yang mengikuti ujian, yaitu J, menyatakan telah mempersiapkan diri lebih dari satu pekan untuk menghadapi Ujian Nasional setingkat SMP. “Agak sulit soalnya, tapi semua bisa dikerjakan," ungkap penghuni yang dihukum karena terlibat tawuran. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini