Sukses

Terjadi Letusan di Gunung Kelud, Warga Diminta Waspada

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Muh Hendrasto mengatakan, letusan sekunder tersebut berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur tetap harus diwaspadai. Sejumlah letusan kecil terjadi di sekitar Gunung Kelud, Sabtu 3 Mei sore kemarin.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Muh Hendrasto mengatakan, letusan sekunder yang terjadi di sungai yang dilalui material Gunung Kelud itu berbahaya, sehingga warga diminta menjauh. "Itu (letusan sekunder) berbahaya jika ada orang di dekatnya. Status saat ini juga masih waspada, jarak 3 kilometer tidak diperbolehkan ada aktivitas dulu," kata Hendrasto di Kediri, Minggu (4/5/2014).

Dia menjelaskan, pihaknya menerima laporan terkait adanya letupan di sungai yang dilewati material Gunung Kelud pada hari Sabtu 3 Mei kemarin. Letupan itu disebut dengan letusan sekunder. Kondisi itu menunjukkan masih adanya endapan awan panas pascaerupsi gunung pada hari Kamis, 13 Februari lalu.

Ia juga mengatakan, potensi terjadi letusan sekunder memang masih bisa terjadi, terutama jika hujan cukup deras. Air hujan bersentuhan dengan material panas, yang memicu terjadinya letupan di aliran sungai yang dilewati material Gunung Kelud.

Adanya letusan sekunder itu, kata dia, juga bisa memicu turun abu. Akan tetapi, abu tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan. Kendati demikian, dia meminta warga mematuhi larangan PVMBG untuk tidak mendekati gunung dalam radius 3 kilometer.

Warga di sekitar kaki Gunung Kelud gempar dengan adanya asap yang keluar dari sungai pada hari Sabtu 3 Mei sore. Kejadian itu terjadi di Sungai Ngobo, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri.

Warga mendengar suara seperti gas keluar di sekitar sungai. Di lokasi tersebut juga keluar asap serta abu. Sejumlah warga sempat takut jika gunung di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, itu meningkat lagi aktivitasnya pascaerupsi. (Ant/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, yang sudah meletus sejak tahun 1901 hingga tahun 2014.

    Gunung Kelud

Video Terkini