Sukses

Siswi Hamil di Kupang Boleh Ikut UN SMP

Ujian Nasional (UN) bagi pelajar SMP tahun ajaran 2013/2014 akan digelar 5-8 Mei 2014.

Liputan6.com, Kupang - Ujian Nasional (UN) bagi pelajar SMP tahun ajaran 2013/2014 akan digelar 5-8 Mei 2014. Bagi pelajar yang hamil tetap diberi kesempatan untuk mengikuti ujian.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Kupang Jerhans Adolf Ledoh mengatakan, pelajar yang hamil tetap diizinkan untuk mengikuti UN jika kondisinya memungkinkan. "Tetapi jika kondisinya tidak bisa, maka diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian susulan," kata Jerhans di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Sabtu (3/5/2014).

Jerhans mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan laporan tentang jumlah peserta UN tingkat SMP sederajat di Kota Kupang yang hamil.

"Memang saat ini belum diketahui ada siswa yang hamil, namun intinya siswa yang hamil diperbolehkan ikut Ujian Nasional yang mulai diselenggarakan pada Senin (5 Mei 2014)," kata dia.

Jerhans mengatakan, dengan kebijakan pemberian ruang bagi siswa hamil ikut UN, maka pemerintah telah menempatkan hak siswa selaku manusia, untuk melaksanakan hak asasinya.

Sementara itu, soal UN di Kupang telah lengkap dan sesuai kebutuhan. Naskah UN untuk SMP, SMP Luar Biasa dan kesetaraan paket B untuk Kota Kupang, saat ini sudah disimpan di posko UN di SMP Negeri 3 Kota Kupang.

Jerhans mengatakan, peserta UN tingkat SMP dan SMP Luar Biasa, berjumlah 6.000 orang, dengan 42 sekolah penyelenggara. Sementara, untuk peserta kesetaraan paket B, akan diikuti oleh 6.050 orang peserta.

Dia berharap orangtua atau wali siswa untuk memberikan perhatian lebih dan memberi dukungan agar mental siswa bisa tetap terjaga. Mental siswa sangat penting, dalam menghadapi ujian nanti, sehingga tidak mengganggu konsentrasinya. (Ant/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini