Sukses

Sosok Sutan Syahrir di Mata Gita Wirjawan

Mantan Menteri Perdagangan yang tengah menjadi peserta konvensi Partai Demokrat, Gita Wirjawan ternyata mengagumi sosok Sutan Syahrir.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Menteri Perdagangan yang saat ini tengah menjadi peserta konvensi Partai Demokrat, Gita Wirjawan rupanya diam-diam mengagumi sosok Sutan Syahrir.

Menurut Gita, Syahrir juga berperan besar dalam kemerdekaan Indonesia. "Dia tokoh nasional kita, bersama Bung Karno, Bung Hatta dan tokoh-tokoh muda lainnya. Menurut saya, dia sangat berperan untuk memproklamirkan kemerdekaan kita," ujar Gita usai melakukan pencoblosan di TPS 005, Jalan Setia Budi VIII, Jakarta Selatan, Rabu (9/4/2014).

Gita mengatakan, masyarakat Indonesia setelah merdeka seperti saat ini justru tidak boleh melupakan jerih payah yang dilakukan oleh para pejuang seperti Syahrir untuk memerdekakan Indonesia dari tangan penjajah.

"Dan ke depan, Indonesia tidak boleh lupa tentang sosok seperti mereka. Bahwa kita harus sangat bisa berperan untuk memajukan bangsa," lanjutnya.

Saat ditanya apakah dia ingin menjadi sosok seperti Syahrir, Gita hanya menjawab sambil tersenyum. "Wah saya sih the next Gita Wirjawan saja," tandasnya.

Sutan Syahrir seorang politikus dan perdana menteri pertama Indonesia. Ia menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia dari 14 November 1945 hingga 20 Juni 1947. Syahrir mendirikan Partai Sosialis Indonesia pada 1948.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini