Formappi: Kinerja Fraksi DPR yang Cukup Baik Hanya Golkar

Oleh Silvanus Alvin pada 03 Apr 2014, 11:37 WIB
Diperbarui 03 Apr 2014, 11:37 WIB
Profil Partai Golkar
Perbesar

Liputan6.com, Jakarta - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) merilis nilai rapor anggota DPR RI periode 2012. Dari seluruh fraksi di Gedung Senayan, hanya Partai Golkar yang dinilai memiliki kinerja cukup baik.

"Hanya Fraksi Golkar yang mendapat nilai rata-rata 5,75 atau cukup baik," ujar Koordinator Formappi Sebastian Salang, di Gedung Joang, Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Menyusul Golkar, ada partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun, nilai rata-rata kinerjanya tidak baik.

"Fraksi PKB mendapat nilai rata-rata 5 atau buruk. 7 Fraksi lainnya hanya mendapat nilai rata-rata berkisar 2 sampai 3 atau sangat buruk," jelas Sebastian.

Keseluruhan rapor anggota DPR versi Formappi menyatakan 61,3% memiliki nilai kinerja yang sangat buruk. Formappi pun meminta agar kinerja DPR semakin ditingkatkan.

"Mengacu pada rapor ini dan jika punya sense of serving (rasa pelayanan), anggota DPR dapat berbenah diri untuk meningkatkan kualitas kinerjanya. Demikian juga jika fraksi mempunyai sense of responsibility (rasa tanggungjawab) atas kualitas kinerja anggotanya, dapat mengacu kelemahan-kelemahan yang tergambar dalam rapor ini," pungkas Sebastian.

Riset ini hanya meneliti 519 anggota dari total 560. Jumlah tersebut telah dikurangi anggota yang meninggal dan PAW (Pergantian Antar Waktu). Pimpinan DPR juga tak dinilai, karena basis penilaian adalah kerja komisi per komisi. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

LSI: Elektabilitas Golkar Tertinggi karena `Suara Pulang Kampung`

LSI: Golkar dan PDIP Adu Kuat Jadi Pemenang Pileg 2014

Akbar Tandjung: Sudah Lama Kita Tertidur, Saatnya Bangu