Sukses

Siswa SMP di Mamuju Terpaksa Belajar Sambil Berdiri

Sejumlah siswa SMP Negeri 11 Pasang Kayu, Mamuju, Sulawesi Barat, harus belajar sambil berdiri di kelas.

Liputan6.com, Mamuju - Mendapat pendidikan yang layak adalah hak setiap warga negara Indonesia. Tapi di sejumlah daerah para pelajar harus merasakan minimnya fasilitas pendidikan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (1/4/2014), sejumlah siswa SMP Negeri 11 Pasang Kayu, Mamuju, Sulawesi Barat, harus belajar sambil berdiri di kelas. Bukan sedang menjalani hukuman, tapi mereka terpaksa berdiri karena kursi di kelas sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Adapula yang terpaksa membawa sendiri kursi dari rumah. Pihak sekolah mengaku sudah melaporkan kondisi ini ke Dinas Pendidikan setempat, namun belum mendapat jawaban.

Di Bulukumba Sulawesi Selatan, puluhan siswa SMP Satap 10 belajar di tenda darurat berlantai tanah dan beratapkan seng. Tak jarang hewan ternak masuk ke kelas darurat ini karena tidak ada ruang kelas.

Entah sampai kapan para pelajar ini harus menderita, padahal setiap warga negara mempunyai hak untuk mendapat pendidikan yang layak. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Sekolah Ambruk, Kepala Kanwil Kemenag Banten Utus Bawahan

Survei ICW: Penerima Kartu Jakarta Pintar Tak Tepat Sasaran

[VIDEO] Sekolah Rusak, Murid Bersih-bersih Sebelum Belajar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini